Bayi Tertawa Orangtua Bahagia

By Ipoel , Jumat, 12 Juli 2013 | 01:00 WIB
Bayi Tertawa Orangtua Bahagia (Ipoel )

Orangtua tentu bahagia kalau bayinya mudah dibuat tertawa. Tawa bayi bisa menjadi indikator kalau dirinya sehat secara fisik maupun emosi. Sederhananya, bayi yang sedang sakit tidak akan menanggapi gurauan orangtua dan lebih sering menangis/rewel. Selanjutnya bayi yang banyak tertawa juga lebih sehat secara emosi, ini terjadi karena munculnya perasaan gembira. Mengajak bayi tertawa adalah cara sederhana namun banyak manfaat dan menyehatkan bayi. Tak hanya manfaat jangka pendek, karena bayi yang selalu gembira akan tumbuh menjadi pribadi gembira, memiliki sense of humor, serta mampu menciptakan suasana menyenangkan untuk lingkungannya.  Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan orangtua saat berusaha membuat bayi tertawa:

  1. Tujuan dari aktivitas ini adalah membuat anak tertawa gembira, jadi kalau anak terlihat tidak menikmatinya atau tidak bisa tertawa, orangtua jangan memaksa. Segera hentikan/ganti dengan aktivitas lainnya.
  2. Tunggu kira-kira 15 menit setelah bayi minum ASI/makan. Karena akibat tertawa kegelian, bayi bisa gumoh/muntah.
  3. Jika si kecil baru bangun tidur, tunggu sampai mood-nya bagus. Begitu pula jika jam tidurnya sudah menjelang, lebih baik ciptakan suasana yang tenang daripada gaduh. Bayi akan rewel jika di jam tidurnya ia merasa terusik.
  4. Jauhkan benda-benda yang membahayakan bayi, umpama mainan yang terlalu kecil yang bisa tertelan atau mainan yang mudah pecah, terlalu berat, dan sebagainya, untuk bermain dan bercanda dengan bayi.
  5. Waktunya cukup sebentar saja namun sering, sehingga bayi selalu gembira.
  6. Bila akan melibatkan si kakak untuk membuat adik bayinya tertawa, pastikan Anda mengawasi keduanya.
  7. Membuat suasana rumah ceria dengan suara tawa bayi memang menyenangkan, namun segera hentikan saat bayi terlihat lelah.
  8. Bila akan menggunakan balon, seperti dicontohkan di atas, balon cukup dipompa setengahnya agar tidak mudah meletus. Jika sampai meletus, suaranya akan mengagetkan bayi dan justru membuatnya menangis.
  9. Bila baju bayi basah oleh keringat karena aktivitas bermain dan tertawa, segera ganti dengan yang kering agar si kecil tetap nyaman.
  10. Aktivitas mengajak bayi tertawa sebaiknya dilakukan oleh kedua orangtua untuk menciptakan bonding pada ketiganya. Dengan begitu lebih banyak manfaat yang didapat ketimbang hanya ayah atau ibu saja yang melakukan dengan bayinya.