ASI Mengandung Zinc

By Ipoel , Selasa, 11 Februari 2014 | 01:00 WIB
ASI Mengandung Zinc (Ipoel )

TabloidNakita.com - ASI mengandung Zinc. Meski begitu, sulit untuk memenuhi kebutuhan zinc bayi dan anak selama masa transisi dari air susu ke makanan padat.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Brown (1998) menunjukkan,  zinc yang dibutuhkan dari makanan tambahan berbeda dengan zinc  yang  yang harus dipenuhi setiap hari (diperkirakan 2,8 mg/hari untuk usia 6 -24 bulan) dan asupan zinc dari air susu ibu. 

Selain itu, hal yang perlu diingat, makanan tambahan harus menyediakan 84 -89% zinc yang  dibutuhkan bayi pada  usia 6 -24 bulan. Nah, berdasarkan rata-rata  asupan ASI di negara berkembang, bayi  berusia 6-9 bulan membutuhkan 50-70 gr hati atau daging yang tidak berlemak setiap hari, atau kira-kira 40 gr ikan segar, untuk memenuhi tambahan zinc  yang dianjurkan dari makanan padat.

Nah, dari penelitian ini mereka menyarankan untuk memberikan suplementasi zinc atau fortifikasi zinc selama masa pertumbuhan. Karena  bayi dan anak di negara berkembang sulit memenuhi kebutuhan zinc mereka dari makanan.

Walaupun demikian bukan berarti makanan kaya seng/zinc kita abaikan. Berikut ini beberapa sumber makanan yang kaya akan seng/zinc:

Jenis Makanan Kadar Seng/Zing (mg/Kg Basah)
Daging sapi Daging ayam Ikan laut Susu Keju Beras Kelapa Kentang 10-43 7-16 4 3,5 40 13 5 3

Sumber lainnya yang juga bisa dikonsumi adalah; kerang, sereal, biri-biri atau daging merah lainnya.

Satu hal yang musti kita ketahui, pengelolaan sumber makanan termasuk komponen bahan makanan berperan penting pada bioavailabilitas seng/zinc, karena adanya interaksi antara seng dengan komponen lainnya.

Gazali Solahuddin

Nara sumber: Dr. Fitria N. Pulukadang

Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi