Anak Lahap Makan Kalau di Rumah Orang lain

By Ipoel , Senin, 26 Januari 2015 | 06:00 WIB
Anak Lahap Makan Kalau di Rumah Orang lain (Ipoel )

Anak Lahap Makan Kalau di Rumah Orang lain

TANYA:

Anak saya umur 20 bulan, sudah sejak setengah tahun yang lalu anak saya susah sekali untuk makan, padahal sudah dicoba berbagai cara dan berbagai jenis makanan supaya dia tertarik untuk makan.

Namun, anak lahap makan kalau di rumah orang lain, entah tetangga ataupun saudara, kalau makan itu lumayan mau meskipun sedikit, yang penting mau makan.

Bagimana ya dok cara menyiasatinya agar anak mau makan, soalnya dari bayi sudah tidak minum asi, jadi minum susu formula saja.

Lalu, saya tahu dari teman kalau berenang bisa meningkatkan nafsu makan. Kebetulan baru minggu kemarin saya ajak anak saya berenang, esoknya memang sedikit-sedikit sudah mulai lebih banyak makannya dan ngemilnya juga lumayan, apalagi kalau es krim, tidak akan berhenti ngemil kalau es krim.

Apakah berenang juga bisa menambah nafsu makan? Lalu kalau berenang itu sebaiknya berapa jam untuk anak seusia anak saya  tahan berendam di air kolam renang?

Makasih atas penjelasannya, Dok.

Bunda widya 32 thn, anak bernama Muhammad Kenzie Kurniawan 20bln

JAWAB:

Anak lahap makan di rumah orang lain, tapi kalau di rumah sulit makan. Nah, kesulitan makan pada anak dapat disebabkan faktor organik, faktor pengaturan pola makan, atau faktor psikologis. Kalau ada kelainan pada organ, misalnya karena ada kelainan pada mulut (bibir sumbing, penyempitan saluran cerna dll) maka disebut organik. Nah yang paling banyak adalah faktor pengaturan pola makan dan psikologis. Pengaturan pola makan yang tidak tepat membuat anak tidak merasa lapar pada saat makan, misalnya karena masih terisi susu, sehingga tak ada selera makan. Masalah psikologis juga membuat pengaruh. Anak dalam suasana ceria lebih merasa senang makan dibanding suasana kaku atau apalagi sambil dimarahi.

Berenang atau berolahraga menyebabkan tubuh mengeluarkan tenaga. Efeknya tentu rasa lapar lebih terasa karena energi yang terpakai.

Tidak ada patokan berapa lama dalam kolam renang, selama ia tidak kelelahan dan tidak kedinginan.

dr.Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A

Siloam TB Simatupang, Jaksel