Hati-hati, Ini yang Akan Terjadi Jika Mencabut Bulu Hidung Sembarangan

By Fita Nofiana, Minggu, 24 Juni 2018 | 13:53 WIB
Ilustrasi bahaya mencabut bulu hidung (Lutfi Fauziah)

Nakita.idBulu hidung memang tak indah dipandang, namun ternyata ada lo dampak yang akan didapatkan jika Moms menyukur bulu hidung.

Dilansir dari Business Insider, seorang otolaryngologist dari New York University, Dr. Erich Voigt menyatakan tentang bagaimana manfaat bulu hidung.

BACA JUGA: Muda, Tampan, dan Cemerlang, Ini 5 Pemain Piala Dunia Paling Menarik Perhatian!

Dia menggambarkan apa yang terjadi jika Moms mencabut bulu hidung.

Ia menjelaskan jika bulu hidung sendiri terdiri dari tiga bagian.

"Yang berada di bagian paling depan disebut vibrissae dan silia mikroskopis, berfungsi untuk menyaring lendir dan memindahkannya ke bagian belakang hidung, dimana itu bisa masuk ke perut," katanya.

Vibrissae, bertanggung jawab untuk menjaga beberapa partikel yang lebih besar masuk.

Jika Moms mencabut bulu ini maka kuman dan partikel di dekat folikel dapat masuk ke dalam hidung dan menyebabkan infeksi.

Dia menggambarkan konsep "segitiga bahaya" atau area di wajah antara mulut dan hidung yang rentan untuk menularkan infeksi ke otak.

BACA JUGA: Menaruh Kaki di Atas Dasboard, Seorang Ibu Alami Hal Mengerikan Ini

Hidung menjadi salah satu saluran berbahaya yang dapat mengalirkan infeksi ke otak. "Itu karena pembuluh darah yang sama, saluran hidung membawa darah keluar bertemu dengan pembuluh darah yang membawa darah keluar dari otak," ujarnya lagi.

Hal ini bisa disimpulkan jika kuman-kuman yang masuk dalam hidung karena bulu yang dicukur, jika kuman-kuman itu menjadi sebuah infeksi, maka itu bisa menimbulkan berbagai penyakit.