Era Digital Mudahkan untuk 'Selingkuh Kecil', Kapan Jadi Bahaya?

By Fita Nofiana, Kamis, 28 Juni 2018 | 09:00 WIB
Ciri Pasangan Selingkuh (AntonioGuillem)

Nakita.id - Di era digital, seseorang tentu lebih mudah berhubungan dengan orang lain.

Sayangnya jika dimanfaatkan secara negatif, teknologi juga bisa memudahkan untuk selingkuh dari pasangan, meski bentuknya kecil.

Kini di era media sosial, aplikasi kencan, dan juga whatsAp, menentukan tanda-tanda pasangan berbohong atau tidak menjadi jauh lebih rumit.

BACA JUGA: Begini Dampak yang Dirasakan Anak Jika Mendapati Orangtua Berselingkuh

Istilah "selingkuh kecil" (micro cheating) kini semakin akrab di telinga generasi yang melek teknologi.

Ini merupakan istilah untuk menggambarkan serangkaian bentuk perhatian kecil yang ditujukan pada seseorang yang bukan pasangannya.

Menurut Profesor Psikologi dari Universitas South Wales, Dr.Martin Graff, perselingkuhan kini telah berevolusi seiring dengan makin banyaknya waktu kita di dunia maya.

"Sebelum adanya gadget, micro-cheating mungkin bentuknya adalah melepas cincin kawin sebelum pergi ke club dengan teman-teman," katanya.

Di era digital ini makin gampang bagi kita mengirim sinyal bahwa kita available, mulai rajin memberi tanda "like" pada postingan seseorang sampai mengirim pesan langsung (DM).

Graff mengatakan, walau selingkuh kecil mungkin bukan berarti kita berpaling dari pasangan, tetapi perilaku ini bisa memicu ketidaksetiaan, semacam pemanasan.