Biduran Terasa Menyiksa, Begini Menyingkirkannya dengan Cara Alami

By Erinintyani Shabrina Ramadhini, Minggu, 1 Juli 2018 | 10:01 WIB
Singkirkan biduran yang menyiksa dengan cara alami (iStock)

 

Nakita.idBiduran atau urtikaria adalah reaksi kulit yang ditandai dengan timbulnya bilur berwarna merah atau putih yang terasa gatal.

Selain terasa gatal, ruam pada biduran juga bisa terasa perih atau menyengat.

Biduran bisa terjadi ketika tubuh bereaksi akan suatu zat.

Tubuh akan melepaskan histamin dan bahan kimia lainnya ke dalam aliran darah sehingga menyebabkan gatal, bengkak, dan gejala lainnya.

Ruam ini dapat muncul di seluruh bagian tubuh, termasuk wajah, bibir, lidah, teggorokan, dan telinga dan bisa berlangsung selama beberapa jam bahkan beberapa hari.

Terdapat beberapa jenis biduran Moms, yaitu biduran akut yang terjadi kurang dari enam minggu serta urtikaria kronis yang bisa berlangsung lebih dari enam minggu bahkan beberapa bulan.

Urtikaria kronis termasuk langka dan bisa saja merupakan gejala dari suatu penyakit lain yang sedang diderita, misalnya penyakit tiroid atau lupus.

BACA JUGA: Mengenal Kakebo, Solusi Cerdas Menabung ala Jepang Untuk Stay At Home Moms

Selain urtikaria akut dan kronis, ada juga yang disebut sebagai urtikaria fisik dan dermatografisme.

Urtikaria fisik disebabkan oleh stimulasi fisik secara langsung pada kulit, misalnya suhu panas atau dingin, sinar matahari, tekanan, getaran, atau keringat.

Sedangkan  merupakan kondisi kulit yang terbentuk akibat menggaruk kulit dengan keras.

Biduran sendiri merupakan kondisi yang umum dialami oleh semua orang pada segala usia, namun lebih sering terjadi pada anak-anak dan wanita pada usia 30-60 tahun.