Inilah 7 Tanda Peringatan Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai Setiap Perempuan

By Nila Kusuma Pratiwi, Selasa, 10 Juli 2018 | 21:19 WIB
Tanda peringatan kanker serviks (iStock)

Nakita.id - Kanker serviks biasanya disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) yang sangat menular.

Meski kanker serviks tidak memberikan gejala yang jelas seperti kanker payudara, tetapi masih bisa dideteksi lebih awal.

Jika Moms mengalami salah satu gejala ini, segeralah pergi ke dokter.

BACA JUGA:Bukan Hanya Benjolan, Inilah 5 Tanda Peringatan Dini Kanker Payudara

1. Pembuangan yang tidak biasaPembuangan yang tidak biasa adalah gejala umum dari jenis kanker ini karena begitu kanker tumbuh di dalam serviks, sel-sel lapisan rahim mulai mengeluarkan cairan encer.

2. KutilDalam kata-kata ginekolog Rosa Maria Leme, "Munculnya kutil kecil (eksternal dan internal) berfungsi sebagai bendera merah untuk beberapa penyakit seperti HPV, yang sangat meningkatan kemungkinan kanker serviks pada perempuan."

BACA JUGA:Makan Biji Apel Tiga Kali Sehari, Cara Alami Menangkis Kanker

3. Nyeri atau perdarahanKetidaknyamanan pada panggul dan perdarahan juga merupakan tanda khas kanker serviks karena dinding serviks mengering dan bahkan retak karena pertumbuhan sel yang tidak normal.

Perdarahan rektal atau kandung kemih juga dapat terjadi meskipun pada stadium lanjut.

Perdarahan di luar periode menstruasi Moms membutuhkan perhatian medis segera.

4. AnemiaAnemia sering menyertai kanker serviks karena disebabkan oleh pendarahan yang berlebihan, tanda lain dari kanker ini.

Jika kebiasaan makan Moms sama, tetapi Moms terus-menerus merasa lelah, atau detak jantung meningkat, Moms harus memeriksakan diri untuk mengetahui alasan di balik anemia tersebut.