6 Cara Ampuh Menenangkan Bayi Menangis

By Ipoel , Selasa, 28 Mei 2013 | 03:00 WIB
Lakukan beberapa cara ini untuk menenangkan bayi menangis. (Pixabay/joffi)

Nakita.id - Setiap hari bayi menggunakan sebagian besar waktunya untuk menangis. Jadi, orangtua tidak perlu panik, marah, atau menyalahkan diri sendiri saat bayi menangis. Semua bayi pasti menangis karena inilah cara baginya untuk berkomunikasi. Namun orangtua perlu tahu juga cara ampuh untuk menenangkan bayi yang menangis:

1. Makanan yang menenangkan

Beberapa bahan makanan tertentu memberi efek menenangkan. Efek ini dapat ditularkan melalui ASI. Juga, secara emosi, bila ibu tenang, maka bayinya ikut tenang. Bahan makanan yang menenangkan mencakup semua jenis buah; sebagian besar sayur-sayuran seperti bayam, wortel, kangkung; kacang-kacangan; gandum; produk susu; rempah-rempah.

Kalau bayi sudah saatnya mendapat makanan pendamping ASI, berikan bahan-bahan tersebut. Untuk orangtua, hindari kopi/teh dalam jumlah berlebihan, minuman bersoda, maupun makanan berbumbu tajam karena dapat memberi efek tidak tenang.

2. Menggendong sambil mengayun-ayun yang menenangkan

Gendonglah bayi dalam dekapan yang nyaman, lembut, tenang, dan kuat. Usahakan perut bayi bertumpu pada tubuh ibu dan topanglah kepalanya. Lakukan gerakan mengayun dengan ritme teratur dan lembut sambil merasakan betapa sayangnya Moms pada si kecil.

Diayun-ayun mengingatkan bayi pada kondisi terayun-ayun di dalam rahim ibu. Lakukan ayunan kira-kita seirama detik jam. Terlalu cepat atau lambat malah membuat bayi sulit merasa relaks.

Baca Juga: Masih Jarang Diketahui Orang-orang, Inilah 6 Fakta Bayi Baru Lahir yang Menarik, Salah Satunya Bisa Menangis Tanpa Air Mata