Kelebihan Kangaroo Mothercare

By Ipoel , Kamis, 25 April 2013 | 23:00 WIB
Kelebihan Kangaroo Mothercare (Ipoel )

Kangaroo mothercare (KMC) adalah metode yang digunakan untuk perawatan bayi prematur, yang terbukti bisa menggantikan fungsi inkubator. Metode ini lebih sederhana, murah, mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Terutama bagi mereka yang tinggal jauh dari akses sarana kesehatan seperti inkubator tadi. Umumnya dengan metode ini, begitu ibu diizinkan keluar dari rumah sakit, bayi pun sudah siap untuk pulang. Bandingkan dengan perawatan bayi prematur dalam inkubator yang biasanya membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu.

Kelebihan lainnya adalah bounding/ikatan antara ibu dan bayinya lebih terbentuk melalui metode ini. Selama melakukan KMC ibu bisa memeluk, membelai, mengajak bayi bercakap-cakap, memanjatkan doa untuk keselamatan dan pertumbuhannya, menyanyikan lagu, atau membacakan sajak yang ibu ingat,  yang  secara psikologis sangat bermanfaat bagi bayi. 

Tak hanya manfaat psikologis, secara kesehatan pun, suhu tubuh ibu yang lebih hangat daripada inkubator akan mempercepat proses pematangan organ-organ tubuhnya. Bila bayi demam, tubuh ibu bisa menyerap panas bayi dan menstabilkannya. Ini berbeda dari inkubator yang tidak mempunyai fungsi menyerap panas.