Pilih Minyak Atau Balsam?

By Ipoel , Selasa, 21 Agustus 2012 | 22:00 WIB
Pilih Minyak Atau Balsam? (Ipoel )

Berdasarkan bentuknya, minyak gosok khusus bayi dibedakan menjadi minyak yang berbentuk cair dan balsam yang berbentuk semipadat menyerupai salep. Karena semipadat, balsam memiliki waktu penguapan yang lebih panjang, hingga efek hangatnya mampu bertahan lebih lama. Sebaliknya, yang dalam bentuk cair berupa minyak gosok, efek hangatnya lebih cepat hilang mengingat penguapannya berjalan lebih cepat.

Sesuaikan saja dengan kondisi dan kebutuhan bayi saat itu. Kalau hanya ingin memberi kehangatan sesaat kepada bayi, agar tidak kedinginan sehabis mandi, cukup gunakan yang berbentuk cair. Sedangkan bila napas si kecil terlihat berat gara-gara gangguan pilek, bantu agar pernapasannya lega kembali dengan mengoleskan balsam khusus untuk bayi dan anak.

Yang pasti, minyak gosok maupun balsam termasuk kategori obat luar. Jadi, jangan pernah memberikannya dengan cara mencampurkan, meski hanya beberapa tetes, ke dalam minuman si kecil! Soalnya, sangat mungkin terjadi iritasi pada sistem pencernaan bayi yang memang masih rentan. Nah, daripada menimbulkan dampak buruk yang tak diharapkan, gunakan minyak gosok dan balsam sesuai aturan.