Mengenal 6 Kebaikan Susu UHT untuk Tumbuh Kembang Anak Usia 1 Tahun ke Atas

By Saeful Imam, Jumat, 20 Juli 2018 | 20:57 WIB
?????????? (kazoka30)

Nakita.id - Susu adalah salah satu sumber protein terbaik yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Sebab, susu kaya dengan berbagai zat gizi, baik makro maupun mikro, mulai protein, lemak, dan berbagai vitamin dan mineral penting lainnya. Tidak usah heran, dulu para ahli gizi sempat menjadikan susu sebagai penyempurna makanan dengan slogan 4 sehat 5 sempurna.

Susu terbaik yang sebaiknya dikonsumsi anak adalah susu cair segar. Sayangnya, masa simpan yang pendek dan jarangnya ketersediaan produk ini di pasaran luas, membuat produk ini kurang diminati.

Nah, di antara berbagai produk susu segar, susu UHT adalah susu yang mendekati kandungan susu segar. Susu UHT dibuat dari susu segar yang dipanaskan pada suhu tinggi (135-145°C) dengan waktu singkat (2-5 detik) dan dikemas dengan kemasan aseptic multilapis. Proses itu membuat susu UHT memiliki daya simpan lama dan warna serta aromanya hampir sama dengan susu segar. Bagi anak, rasa yang dianjurkan adalah yang sama dengan susu segar, yaitu rasa full cream.

Saat ini, banyak tersedia produk susu UHT Kids Full Cream yang secara kemasan pas dengan kebutuhan anak, tidak terlalu besar seperti susu UHT 1 liter, dan lebih praktis karena kecil sehingga anak bisa memegang sendiri dan menikmati kebaikan susu segar di dalamnya. Susu UHT Kids Full Cream juga bebas gula sehingga aman dan sehat. Jadi, susu UHT Kids Full Cream sangat baik untuk anak di atas 1 tahun.

Sayangnya, meski kandungannya alami, lengkap, dan bermanfaat, konsumsi susu cair, termasuk susu UHT Kids Full Cream masih rendah. Data Euromonitor 2007 menyebutkan, produksi aneka susu di Indonesia mencapai 1,3 miliar kiloliter. Dari jumlah itu, 60%-nya berbentuk bubuk, 35% susu kental manis, dan 5% bentuk cair. Angka tersebut mengindikasikan, masyarakat Indonesia lebih banyak mengonsumsi susu berbentuk bubuk dan kental manis daripada cair. Berbeda dari masyarakat luar negeri yang kebanyakan konsumsi susunya berbentuk cair seperti Amerika serikat (mencapai 99,7%), India (97,8%), dan Belanda (100%).

Padahal, ada banyak kebaikan susu cair UHT Kids Full Cream untuk tumbuh kembang anak, berikut di antaranya:

Secara alami, susu mengandung protein, lemak, dan berbagai vitamin dan mineral yang mendukung fungsi dan kerja otak. Protein pada susu bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang otak anak. Begitu juga dengan AA, DHA, dan sphingomyelin, dapat meningkatkan kerja otak, sekaligus mencegah sel-sel di otak alami kerusakan.

Susu UHT Kids Full Cream juga mengandung kalsium yang mudah diserap tubuh. Kalsium sangat berperan dalam menjadikan pertumbuhan gigi susu anak--yang biasanya muncul setelah usia 1 tahun--berlangsung optimal. Kelak, kalau anak dibiasakan minum susu UHT Kids Full Cream, giginya akan akan sehat, putih, dan kuat. Zat gizi ini juga bisa melindungi gigi dari asam mulut, bakteri, sisa makanan yang menempel, dan lainnya.

Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi pada susu UHT Kids Full Cream sangat baik bagi kesehatan dan pertumbuhan tulang anak. Kalsium adalah makanan bagi tulang. Ingat, sebagian besar tulang mengandung kalsium serta 90 persen kalsium di tubuh ada pada tulang dan gigi. Asupan kalsium yang ada pada susu UHT Kids Full Cream akan membuat tulang tumbuh, memanjang, serta memadat, sehingga anak dapat memperoleh tinggi badan maksimal nantinya.

Rasanya yang lezat dan kemasannya yang praktis, membuat Susu UHT Kids Full Cream disukai anak. Kandungan gizinya yang lengkap akan membuat tubuh anak, sehat, kuat, dan prima. Dengan tubuh yang seperti itu, anak pun akan lebih aktif saat bermain maupun bereksplorasi.

Hal yang harus ditekankan, susu mengandung berbagai asam lemak yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Misalnya saja asam butanoat pada susu merupakan makanan bagi bakteri baik di dalam usus, sehingga keberadaannya mendukung pertumbuhan bakteri baik, begitu juga dengan asam linoleat yang dapat memperkokoh benteng pertahanan tubuh dari berbagai serangan kuman dan berbagai zat asing yang merugikan.

Dengan rutin mengonsumsi susu, kekebalan tubuh anak akan membaik dan ia menjadi jarang sakit.

Riset yang dilakukan Dr. Dariush Mozaffarian dalam Nurses Health Study and Health Proffesional Follow-up Study mengungkapkan, orang yang mengonsumsi susu tinggi lemak memiliki risiko 46% lebih rendah terkena risiko diabetes dibanding yang tidak. Sebab, susu tinggi lemak mengandung rasa dan gula alami. Definisi susu tinggi lemak di sini adalah susu murni yang tidak melalui banyak proses kimia. Artinya, kandungan alaminya masih terjaga dibandingkan dengan berbagai produk susu lainnya.

Dengan 6 manfaat di atas, yakinlah setiap orangtua tidak akan lagi meragukan kebaikan dan manfaat susu UHT Kids Full Cream untuk tumbuh kembang anak.