Jangan Langsung Menyalakan AC Saat Masuk Mobil, Ini Bahayanya!

By Erinintyani Shabrina Ramadhini, Sabtu, 21 Juli 2018 | 09:10 WIB
Menyalakan ac setelah masuk mobil berbahaya (philkotse.com)

 

Nakita.id - Moms pasti sering merasakan rasa tak nyaman saat masuk ke mobil yang sudah lama terjemur matahari.

Selain panas dari luar, udara terasa pengap dan kadang tercium bau plastik.

Kalau sudah begitu, yang terbersit dalam pikiran adalah segera menyalakan ac dengan harapan udara kembali segar seperti biasa.

Namun, kebiasaan ini sebaiknya mulai ditingalkan karena berdampak negatif terhadap kesehatan.

Menurut penelitian yang dilakukan di University of California (UC), interior mobil seperti dashboard, sofa dan penyegar udara memancarkan suatu zat kimia yang disebut benzena apabila terpapar suhu panas dalam waktu lama.

Zat yang tercampur dengan aroma plastik yang terkena panas dalam mobil ini, dapat merangsang karsinogen.

BACA JUGA: Komentar Krisdayanti di Instagram Aurel Tuai Banyak Komentar, Kenapa?

Jadi jika kita langsung menyalakan AC setelah masuk mobil, otomatis zat Benzena di sela-sela dashboard akan menyebar dan terhirup oleh kita.

Menurut American Cancer Society menuturkan, menghirup benzena dapat meningkatkan risiko leukemia dan beberapa jenis kanker lain yang berbahaya.

Selain menyebabkan kanker, terpapar benzena dalam waktu lama juga efektif meracuni tulang, menyebabkan anemia, menurunkan jumlah sel darah putih dan berbahaya untuk ibu hamil karena dapat mengakibatkan keguguran.

Selain itu, benzena juga dapat memengaruhi fungsi ginjal dan hati karena tubuh akan sangat sulit mengeluarkan racun ini.

Beberapa penelitian juga telah membuktikan adanya hubungan kebiasaan menyalakan AC ini dengan leukemia limfositik akut (ALL) pada anak-anak serta leukemia limfositik kronis (CLL) dan jenis kanker darah lainnya, seperti mieloma multipel dan limfoma non-Hodgkin pada orang dewasa.