Invaginasi

By Ipoel , Kamis, 18 Oktober 2012 | 22:00 WIB
Invaginasi (Ipoel )

Istilah medisnya, intususepsi/invaginasi, yaitu masuknya satu bagian usus ke bagian di atasnya. Hal ini menyebabkan sumbatan pada usus sehingga mengakibatkan pembengkakan, peradangan, dan berkurangnya aliran darah. Umumnya terjadi pada anak di bawah 2 tahun, terbanyak antara usia 5 sampai 10 bulan dan lebih sering pada anak laki-laki dibanding anak perempuan.

Gejala spesifik:

Anak menangis/merintih/mengerang/menjerit kesakitan di bagian perut, mual dan muntah (muntah berupa cairan berwarna hijau), tidak bisa buang angin dan buang air besar. Bila muncul gejala seperti ini orangtua harus segera membawa anak ke dokter untuk memastikannya.

Penanganan:

Dokter akan melakukan foto rontgen untuk memastikan apakah benar terjadi intususepsi/invaginasi. Ada dua langkah untuk mengatasinya, yakni pemberian cairan kontras (biasanya berupa cairan barium) yang dimasukkan melalui dubur dengan selang khusus sehingga menimbulkan tekanan pada usus dan mendorong bagian yang masuk tadi. Yang kedua melalui pembedahan, bila cara pertama tidak berhasil.