Gastritis

By Ipoel , Rabu, 17 Oktober 2012 | 22:00 WIB
Gastritis (Ipoel )

Awam lebih mengenalnya sebagai sakit mag. Gastritis berasal dari bahasa Yunani: “gastro” yang berarti lambung dan “itis” berarti peradangan. Penyebabnya adalah peningkatan cairan asam lambung sebagai akibat dari pola makan yang salah, bisa juga disebabkan infeksi Helicobacter pylori.

Gejala spesifik:

Perih atau sakit seperti terbakar pada perut bagian atas yang dapat menjadi lebih baik atau lebih buruk ketika perut diisi, melilit di ulu hati, kembung, kehilangan nafsu makan, mual dan beberapa ada yang muntah.

Penanganan:

Untuk memastikannya, dilakukan tes pernapasan (UBT), yakni dengan meniup semacam alat untuk memastikan apakah ada helicobacter pylori dalam napas anak, pemeriksaan darah, pemeriksaan feses, dan melalui endoskopi. Langkah pengobatan pertama yang dilakukan dokter adalah memberikan obat dari jenis antasida yang aman untuk menekan asam lambung anak selama kurang lebih dua minggu. Meminta anak untuk berpantang makanan yang asam, pedas, mi instan, minuman soda, dan kopi yang bisa merangsang produksi asam lambung.