Para Ibu Bisa Mendapat Dukungan Mental dengan Cara Mudah Ini

By Erinintyani Shabrina Ramadhini, Rabu, 1 Agustus 2018 | 18:57 WIB
Menyusui, momen membahagiakan sekaligus penuh tantangan (iStockphoto)

Nakita.id - Menjadi seorang ibu merupakan momen yang amat luar biasa, tak ada sekolah formal untuk belajar bagaimana menjadi seorang ibu yang sukses.

Selain masa kehamilan, menyusui juga menjadi kebahagiaan tersendiri sekaligus tantangan bagi semua ibu karena seluruh ibu tentu ingin memberikan yang terbaik.

Faktanya, di Indonesia angka pemberian ASI eksklusif ibu untuk bayinya masih tergolong rendah dibandingkan ibu yang menyusui.

Menurut data yang dirilis Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mencatat, pada 2017 hanya 35,73% ibu yang memberikan ASI eksklusif pada buah hati, dibawah rekomendasi WHO yaitu 50%.

Fakta tersebut dilatarbelakangi beragam faktor, seperti ibu mengalami stres dan tertekan serta masalah kesehatan lain selama kehamilan dan menyusui.

Survei yang dilakukan Demografi dan Kesehatan Indonesia amat merekomendasikan pentingnya dukungan kuat dari lingkungan sekitar bagi ibu agar dapat menyusui dengan lancar.

BACA JUGA: 5 Kebiasaan Sepele Pemicu Kerusakan Otak, No 1 Sering Dilakukan!

Menjawab fenomena tersebut, dalam rangka Pekan ASI Sedunia yang dirayakan setiap 1-7 Agustus setiap tahunnya Anmum meluncurkan sebuah platform digital #MumtoMum untuk menghubungkan para ibu secara digital.