Beri Lingkungan Aman Buat Bayi

By Ipoel , Minggu, 3 November 2013 | 01:00 WIB
Beri Lingkungan Aman Buat Bayi (Ipoel )

TabloidNakita.com - Faktor-faktor yang dapat memengaruhi perkembangan psikososial anak usia 0-1 tahun antara lain faktor nature (genetik) dan nurture (lingkungan). Faktor nature merupakan faktor internal yang berasal dari dalam diri. Faktor tersebut adalah bawaan atau terkait dengan kondisi genetikanya, misalnya temperamen, sifat, kesehatan fisik yang dimiliki ataupun kepribadiannya. Sedangkan faktor nurture merupakan faktor eksternal atau yang berasal dari luar diri (lingkungan). Faktor lingkungan yang paling berpengaruh bagi bayi usia 0-1 tahun adalah orangtua  yaitu papa dan mamanya atau pengasuh utamanya (care giver).

 Dalam konteks bayi usia 0-1 tahun, pengasuh utama--umumnya mama-- memberikan dampak yang besar bagi tumbuh kembang bayi baik secara fisik, kognitif maupun psikososial. Dengan demikian pengasuh utama memegang peranan penting bagi pembentukan pondasi perkembangan psikososial anak. Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah interaksi antara bayi dan pengasuh utamanya.

Menurut pakar perkembangan psikososial Erik Erikson, bayi berusia 0-1 tahun sedang berada dalam tahap perkembangan basic trust versus basic mistrust. Pada tahap ini bayi sedang membangun kepercayaan terhadap orang-orang atau hal-hal yang berada di dalam dunianya. Ketika bayi berhasil membentuk trust secara lebih dominan, ia akan menilai bahwa lingkungan adalah tempat yang aman dan ia memiliki harapan bahwa kebutuhan-kebutuhannya akan terpenuhi.

Jika sebaliknya, bayi lebih membentuk mistrust secara lebih dominan maka lingkungan akan dipandang sebagai tempat yang tidak aman, tidak terprediksi dan kelak ia akan menemui kesulitan dalam membangun relasi dengan orang lain. Dengan demikian pada tahap awal perkembangan psikososial ini interaksi yang hangat antara bayi dan pengasuh utamanya harus terjalin dengan baik, agar bayi dapat berhasil membentuk trust secara lebih dominan.