Persiapan Bayi Berenang

By Ipoel , Jumat, 16 Agustus 2013 | 01:00 WIB
Persiapan Bayi Berenang (Ipoel )

Antusiasme orangtua mengajak bayi berenang ke kolam renang, jangan sampai membuatnya melupakan beberapa benda yang wajib dibawa. Berikut di antaranya:

• Popok/celana renang bayi beserta cadangannya.

Saat ini di pasaran tersedia aneka popok/celana renang untuk bayi. Baik yang sekali pakai maupun yang tidak. Popok renang ini bentuknya sepeti popok (dengan tali di bagian depan) namun terbuat dari bahan seperti pakaian renang. Popok renang ini cocok untuk bayi di bawah 6 bulan. Sedangkan celana renang bayi, bentuknya sama dengan celana renang anak-anak, namun ukurannya disesuaikan dengan tubuh nmungil bayi.

• Handuk/jubah mandi bertudung untuk bayi.

Jubah mandi yang bertudung akan memberikan kehangatan pada bayi begitu diangkat dari kolam, ini untuk meminimalisir rasa dingin akibat perbedaan suhu udara dengan suhu di dalam air. Tapi kalau tidak ada, bisa juga menggunakan handuk bayi yang agak lebar sehingga bisa menutupi bagian kepalanya juga.

• Pelampung tangan/ban sesuai ukuran tubuh bayi.

Pelampung tangan/ban ini sebaiknya membawa sendiri, mengingat di kolam renang belum tentu tersedia yang sesuai ukurannya. Atau kalaupun tersedia, bisa saja stoknya terbatas sehingga harus antre bergantian dengan pengunjung lain.

• Baju ganti bersih.

Sediakan beberapa baju ganti yang bersih dan kalau bisa yang hangat. Bayi akan merasa nyaman menggunakan baju hangat, bersih dan kering setelah berendam di dalam kolam renang.

• Peralatan mandi.

Sampo, sabun, sisir, bedak, dan perlengkapan mandi lainnya jangan sampai tertinggal. Seperti diketahui air dalam kolam renang umum tidak bisa dipastikan kebersihannya, karenanya selesai berenang bayi harus segera mandi bersih untuk menjaga kesehatannya

• Mainan untuk di dalam air.