Mengenal Serealia

By Ipoel , Senin, 9 Juli 2012 | 20:00 WIB
Mengenal Serealia (Ipoel )

Produk serealia pertama kali dikembangkan di Amerika Serikat oleh John Harvey Kellogg pada 1895, sebagai produk sarapan siap saji. Awalnya, sarapan serealia hanya diberikan kepada pasien yang mengalami gangguan pencernaan guna meningkatkan konsumsi serat pada dietnya. Kini produk ini semakin berkembang dan banyak dikonsumsi di banyak negara, termasuk negeri kita tercinta, Indonesia. 

Serealia merupakan bahan makanan yang berasal dari golongan tanaman padi-padian yang ditanam untuk diambil biji/bulirnya. Jenis serealia  yang umum dijumpai di Indonesia adalah beras merah, beras putih, jagung, dan gandum. Sedangkan di negara lain ada jenis oat, barley, rye, dan millet. Kandungan gizi dalam serealia sangat bervariasi, tergantung pada jenisnya. Salah satu serealia yang dikenal memiliki nilai ekonomi paling tinggi yaitu gandum. Gandum merupakan serealia yang paling banyak dijadikan bahan makanan pokok di berbagai negara dengan dioalah  menjadi roti, cake, biskuit, pastri, pasta, dan serealia sarapan.

Produk serealia sarapan yang terbuat dari biji-bijian ini memang didesain sebagai makanan siap saji untuk sarapan. Bentuk produk yang umumnya bertekstur renyah ini sebenarnya beraneka ragam tergantung  hasil teknik pengolahannya. Ada yang berbentuk mengembang (puffed), serpihan (flake), hancuran atau parutan (shredded), panggangan (baked) dan ekstrudat (extruded).

Formulasi produk serealia biasanya dari komponen serealia sebagai bahan pati, ditambah bahan pemanis dan bahan pembentuk flavour. Ingridien lain yang umum digunakan adalah garam, pewarna, vitamin, serta mineral. Ada juga yang menggunakan bahan tambahan makanan lain. Selama bahan-bahan itu  diizinkan oleh BPOM maka produk tersebu terjamin keamanannya. Pada intinya,  produk serealia sarapan  harus memenuhi ketentuan standar persyaratan yang sudah diatur pemerintah. Begitupun dengan cakupan kandungan gizi di dalamnya harus memenuhi ketentuan keamanan yang cukup ketat.

Untuk anak, produk serealia sarapan umumnya akan dibuat semenarik mungkin dan disesuaikan dengan selera anak-anak. Baik dari segi bentuk yang beragam, warna yang menarik, juga rasa yang cukup manis.

Dari beragam produk serealia sarapan yang ada di pasaran, mana yang baik dikonsumsi anak? Jawabannya ternyata yang terbuat dari gandum utuh (whole grain). Memang tidak mudah untuk mengidentifikasi apakah suatu produk serealia sarapan betul terbuat dari gandum utuh atau tidak. Namun konsumen paling tidak bisa membacanya dari label kemasan. Cermati dengan baik,  penulisan label seperti multigrain atau wheat, belum tentu mengandung gandum utuh. Yang harus dicari adalah label  whole grain atau tercantum penulisan gandum utuh.