Mengenal Manfaat dan Efektivitas Imunisasi Bagi Anak

By Ipoel , Senin, 2 Juli 2012 | 22:00 WIB
Patuhi Jadwal Imunisasi (Ipoel )

Nakita.id - Imunisasi terbukti meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Pemberian senyawa antigen yang terbuat dari virus yang telah dilemahkan  ini memang bertujuan agar tubuh dapat memperkuat sistem imun/kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit.

Berdasarkan teori antibodi, ketika bibit penyakit seperti virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh manusia, maka tubuh akan menandai dan merekamnya sebagai benda asing.

Kemudian tubuh akan membuat perlawanan terhadap benda asing tersebut dengan membentuk yang namanya antibodi terhadap benda asing tersebut.

Antibodi yang dibentuk bersifat spesifik yang akan berfungsi pada saat tubuh kembali terekspos oleh benda asing tersebut.

Sesuai dengan perkembangan zaman, imunisasi sudah mengalami perkembangan pesat sesuai dengan perkembangan pola penyakit yang ada.

Sehingga pemberian imunisasi untuk membuat kekebalan terhadap suatu penyakit tertentu dapat dilakukan.

Secara umum, pemberian imunisasi hendaknya dilakukan dengan tepat berdasarkan usia anak.

Beberapa imunisasi yang dapat diberikan kepada anak di bawah usia setahun antara lain Hepatitis B-1, Polio-0, Hepatitis B-2, BCG, DTP-1, HiB-1, Polio-1, DTP-2, HiB-2, Polio-2, DTP-3, HiB-3, Polio-3, Hepatitis B-3, dan Campak-1.

Beberapa imunisasi lagi yang dilakukan setelah anak berusia setahun, di antaranya yaitu MMR, HiB-4, DTP-4, Polio-4, Hepatitis A, dan Tifoid.

Anak berusia 5 tahun ke atas juga dapat memeroleh imunisasi Tifoid, DTP-5, Polio-5, MMR, DT/TT, dan Varisela.

Untuk keterangan lebih detail, setiap puskemas/klinik/rumah sakit mempunyai brosur berisi jadwal imunisasi yang dapat diminta oleh orangtua.