Amandel

By Ipoel , Sabtu, 30 Juni 2012 | 23:00 WIB
Amandel (Ipoel )

Amandel/tonsil merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berperan menahan arus kuman pada saluran napas bagian atas. Jika serangan kuman tak dapat dielakkan, tonsil akan terinfeksi dan meradang. Menurut Dr. Hindra Irawan Satari, Sp.A(K),MTropPaed dari RSCM-FKUI,  Jakarta, dalam dunia kedokteran peradangan pada amandel disebut tonsillitis. Pada saat terjadi tonsilitis, tonsil/amandel ini dapat membesar akibat reaksi peradangan di dalamnya.

Gejala:

Anak jadi sulit makan dan minum karena sakit menelan, sering mengalami demam, dan tidur mengorok karena saluran napas menyempit akibat pembengkakan tonsil.

Penanganan:

Tonsil harus diangkat dengan cara dioperasi apabila terjadi pembesaran hingga menutup jalan napas, timbul gejala gangguan tidur (sleep apnea), peradangan terjadi sekitar 7x atau lebih dalam 1 tahun, timbul semacam bisul (abses) di tonsil yang tidak sembuh dengan pengaliran cairan bisul atau tidak bereaksi terhadap pemberian antibiotik, dan radang tonsil sering mencetuskan kejang demam berulang.

Amandel tidak perlu diangkat jika peradangannya bersifat akut ataupun pembengkakan tonsil tidak terlalu besar dan tidak menghalangi jalan napas, serta tidak menimbulkan komplikasi.