Buat Tanaman Subur dengan Mengolah Sisa Makanan, Ini Caranya

By Gisela Niken, Sabtu, 1 September 2018 | 15:01 WIB
Agar tanaman subur (JoyUs Garden)

Nakita.id - Moms mungkin bingung mengolah sisa-sisa makanan hari ini.

Tak perlu khawatir, sebab Moms bisa mengubahnya jadi hal yang bermanfaat salah satunya dengan pupuk kompos.

Sebagian besar pupuk kompos yang berasal dari sampah dapur merupakan sampah organik.Sampah organik ini terdiri atas sampah sayuran dan buah-buahan.Dengan pengolahan yang tepat, sampah organik ini dapat menjadi pupuk yang bermanfaat untuk tanaman di rumah.

BACA JUGA: Yuk Buat Taman Lebih Indah dengan Pupuk Organik Buatan Sendiri!Cara membuatnya mudah lo, hanya dengan mengikuti langkah berikut ini saja!Pertama, kumpulkan sampah sisa rumah tangga dan pastikan sampah telah dipisahkan antara yang organik dan non-organik.Untuk sampah sayuran, gunakan sayuran yang belum melalui proses pemasakan.Caranya cukup mencincang sampah organik menjadi ukuran 1-2cm kemudian masukkan ke dalam ember besar dan diamkan hingga membusuk.Untuk proses pembusukannya, Moms cukup membiarkan sampah membusuk dengan sendirinya atau dipercepat prosesnya dengan menggunakan larutan EM4.

BACA JUGA: Viral Foto Sampah Kemasan Sampo Tahun 80an, Kondisinya Masih Utuh!Larutan ini bisa didapat pada berbagai toko yang menjual keperluan bercocoktanam.Tutup rapat ember yang berisi sampah organik tadi lalu tambahkan larutan pembusuk setiap kali Moms memasukkan sampah baru ke dalam ember.Letakkan di tempat yang teduh dan aduk ember secara rutin setiap tiga hari sekali agar campuran merata.Diamkan ember sampah organik tersebut hingga kurang lebih dua minggu hingga terjadi proses komposting.

BACA JUGA: Bikin Tak Sabar, Super Junior Mulai Latihan Closing Ceremony Asian Games 2018!Pada akhirnya nanti akan terdapat dua jenis pupuk, pupuk cair dan pupuk padat. Sebelum digunakan sebagai pupuk atau media tanam, kompos yang padat harus terlebih dahulu dikeringkan dengan cara diangin-anginkan, sementara untuk yang cair bisa langsung digunakan pada tanaman.Cairan kompos dicampur dengan air dengan perbandingan 1:5, jika cairan kompos mengeluarkan bau yang tidak sedap bisa dicampurkan dengan kapur sirih yang telah dilarutkan dengan air. Selamat mencoba!

Artikel ini sudah tayang di Idea Online dengan judul "Buat Pupuk Untuk Tanaman dengan Sampah Organik di Rumah, Ini Caranya!"