Usai Asian Games 2018, Kapten Timnas Korsel Dapat Hadiah yang Banyak Diidamkan Pria Korea

By Diah Puspita Ningrum, Senin, 3 September 2018 | 16:51 WIB
Son Heung Min, Korea Selatan (instagram.com/hm_son7)

Nakita.id - Pesepak bola Korea Selatan, Son Heung Min, yang juga pemain Tottenham Hotspur, bebas wajib militer setelah menggondol emas di Asian Games 2018.

Setelah menang dengan skor 2-1 melawan Jepang, di Stadion Pakansari, Cibinong pada Sabtu (1/9/2018), kapten timnas Korea Selatan Son Heung Min, kiper Jo Hyun-Wo, dan penyerang Hwang Ui-Jo dinyatakan bebas dari kewajiban wajib militer.

Seperti yang sudah diketahui, Korea Selatan mewajibkan semua laki-laki berusia 18-35 tahun yang dinyatakan sehat oleh dokter untuk mengikuti pelatihan militer selama dua tahun.

BACA JUGA: Closing Asian Games 2018 Sukses Digelar, 2 Musisi Indonesia Ini Ternyata Jadi Trending Topic di Korea Selatan!

Wajib Militer di Korea Selatan merupakan sebuah kebijakan pemerintah Korea Selatan sejak negara mereka bersitegang dengan Korea Utara.

Hal ini merupakan isu sensitif bagi masyarakat Korea Selatan karena banyak laki-laki berwarga negara Korea Selatan berusaha mengindari kewajiban militer tersebut, dengan melakukan pemalsuan surat kesehatan atau lari ke negara lain.

Sebagai kompensasi, pemerintah Korea Selatan memberikan kelonggaran berupa pembebasan kewajiban militer bagi atlet yang memenangkan medali emas dalam ajang Asian Games atau Olimpiade.

BACA JUGA: Asian Games 2018 Cetak Sejarah, Pertama Kalinya Atlet Korea Selatan dan Korea Utara 'Bersatu'!

Sepertinya, nasib baik berpihak pada pemain senior U-23 ini, karena telah berhasil membawa pulang medali emas Asian Games 2018 pulang ke Korea Selatan.