Mengenal Tes DNA

By Saeful Imam, Jumat, 9 September 2016 | 05:45 WIB
Tes DNA Dapat Menguji Jalur Kekerabatan (Saeful Imam)

Tabloid-Nakita.com - Saat ini, media massa dihebohkan oleh kabar motivator ternama, yaitu Mario Teguh yang konon tidak mengakui dan menelantarkan anaknya, Ario Kiswinar. Pria berusia 31 tahun itu lalu merasa dia adalah anak Mario Teguh dengan membebekan sejumlah bukti meyakinkan seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, dan foto-foto bersama dengan pria yang memiliki sapaan, “Salam Super” ini. Meski begitu, Mario Teguh membantah. Ia menyatakan, Ario Kiswinar bukan anak kandungnya, melainkan anak dari laki-laki lain yang lahir dari rahim mantan istrinya, Ariyani. Menyoal bukti-bukti yang disodorkan Ario, Mario menganggap itu tidak bisa dijadikan acuan. “Ibaratnya, daging sapi tapi dibungkus dengan kemasan, label, dan gambar ayam.”  Untuk itu, Mario Teguh mengajak Ario untuk melakukan tes DNA. Pertanyaannya, apakah tes DNA dapat menjawab Ario adalah Mario Teguh dan sebaliknya? Seberapa akuratkah tes DNA ini? Berikut penjelasannya.

DNA kependekan dari deoxyribonucleic acid atau asam deoksiribonukleat DNA merupakan materi genetika yang terdapat dalam tubuh tiap orang yang diwarisi kedua orangtuanya. DNA tidak bisa dilepaskan dari kedua orangtua. Dengan kata lain, orangtua mewarisi materi genetika pada anak. Setiap orang punya DNA masing-masing, sekalipun anak  kembar memiliki DNA sendiri. Untuk itu, jejak DNA seseorang dapat dikenali dengan akurat, termasuk jejak kedua orangtua yang mewarisi DNA anak.  Tidak hanya garis keturunan, DNA juga bisa mengetahui risiko penyakit tertentu.

Mengenal Tes DNA, Mencari Informasi Genetika          

Ada banyak uji DNA, namun khusus untuk kondisi di atas, ada namanya Uji Parental, sebuah uji untuk mengetahui jalur kekerabatan seperti apakah benar anak yang dilahirkan benar-benar anak kandung. Pengujian genetika jenis ini menggunakan penanda DNA khusus  untuk mengidentifikasi pola yang sama atau serupa antara individu terkait. Hal ini berdasar fakta, tiap orang mewarisi setengah DNA  dari masing-masing orangtua. Peneliti akan menguji kecocokan urutan DNA individu. dengan beberapa penanda diferensial untuk mengetahui hubungan kekerabatan. Untuk itu, baik ayah, ibu, maupun anak harus menjalani tes ini.

Prosedur Tes DNA

Berikut langkah-langkah seseorang yang akan menjalani tes DNA: