Makanan yang Harus Dihindari Saat Perut Kosong

By Gisela Niken, Kamis, 15 September 2016 | 00:45 WIB
Tomat menjadi salah satu makanan yang dihindari saat perut kosong (Foto: Authority Nutrition) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Makanan memang memiliki manfaat yang baik pada tubuh jika makan di saat yang tepat. Makanan bisa saja merusak tubuh jika dimakan pada saat yang salah. Jadi, Mama perlu mewaspadai apa yang Mama makan. Salah satu waktu yang kerap salah adalah saat perut kosong. Untuk itu, Mama perlu mengetahui makanan yang harus dihindari saat perut kosong.

Baca juga: Ini bahaya minum sambil berdiri

Saat Mama sangat lapar, Mama cenderung mengonsumsi makanan apa saja. Padahal makanan yang tidak cocok saat perut kosong cukup membahayakan tubuh. Masalah yang kerap muncul antara lain maag, peningkatan kadar gula darah dan menimbulkan masalah pada organ hati. Salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi adalah gula.  Ketika Mama makan banyak gula, tubuh tidak akan mampu menghasilkan insulin dalam waktu singkat. Hal ini menyebabkan peningkatan mendadak gula darah dalam tubuh.

Baca juga: Jangan makan ini saat Mama hamil muda

Siapa sangka ternyata tomat menjadi deretan makanan yang perlu dihindari saat perut kosong. Meskipun mengandung banyak vitamin, mengonsumsi tomat saat perut kosong akan menimbulkan masalah serius. Asam pada tomat yang masuk ke dalam pencernaan yang kosong akan menimbulkan masalah.Selain tomat, ada beberapa jenis buah dan sayur yang perlu dihindari. Pisang menjadi buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong. Pisang akan meningkatkan magnesium dan akan bereaksi dengan kalsium dalam darah. Hal ini dapat merusak metabolisme di dalam tubuh. Ubi jalar juga sebaiknya tidak dikonsumsi sebab kandungan dalam ubi jalar dapat merangsang produksi asam dalam lambung. Hal ini akan menyebabkan masalah lambung dan mulas.

Baca juga: Ini bahaya mi instan menurut YLKI

Makanan yang mengandung asam memang sebaiknya dihindari seperti yogurt misalnya. Kandungan bakteri baik dalam yogurt akan bereaksi negatif jika masuk ke dalam usus yang kosong. Mama juga harus menghindari minum alkohol sebelum makan. Banyak yang tidak menyadari bahwa kandungan alkohol dalam minuman dapat membakar lapisan usus jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Makanan pedas juga masuk ke dalam makanan yang perlu dihindari saat perut kosong. Makanan pedas dapat menimbulkan reaksi asam serta sakit perut. Reaksi asam juga bisa muncul dari soda. Pewarna dan pemanis buatan dalam soda sangat berbahaya dan dapat meningkatkan kandungan asam. Apalagi jika soda bercampur dengan asam lambung dan dapat menimbulkan masalah kesehatan serius.