Yang Perlu Diketahui Saat Kontrol Kehamilan Pertama

By Dini Felicitas, Jumat, 16 September 2016 | 06:30 WIB
Jangan sia-siakan konsultasi kehamilan pertama dengan dokter. (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Setelah test pack membawa kabar gembira, kontrol kehamilan pertama adalah langkah selanjutnya. Setelah dokter melakukan USG, itulah waktu yang tepat untuk mendiskusikan tentang kehamilan. Terlebih, bila ini merupakan kehamilan pertama. Apa saja yang perlu ditanyakan saat kontrol kehamilan pertama?

Baca: Risiko Bila Tak Sadar Sedang Hamil

* Mama perlu menanyakan tentang kesehatan janin, adakah risiko yang mungkin akan Mama hadapi terkait dengan riwayat kesehatan diri atau keluarga.

* Utarakan keluhan yang Mama rasakan di awal kehamilan, agar mendapat penanganan yang sesuai. Misal, Mama merasa mual dan tak nafsu makan, utarakan pada dokter sehingga Mama bisa mendapatkan penanganan yang sesuai.

Baca: Pentingnya Mengetahui Usia Kehamilan

* Perlukah makanan atau minuman pendamping agar Mama dan janin lebih sehat? Termasuk makanan atau minuman apa yang sebaiknya dipantang sesuai dengan kondisi kesehatan janin.

* Adakah kegiatan yang perlu Mama hindari, seperti mengangkat beban berat, mengenakan kosmetik tertentu, body lotion, deodoran, dan lainnya? Dokter akan menyesuaikannya dengan kondisi kesehatan Mama dan janin.

Baca: 5 Pekerjaan Rumah Tangga yang Harus Dihindari Saat Hamil

* Pertanyaan seputar hubungan intim sudah biasa didengar oleh dokter obgin. Jadi, tak perlu malu untuk bertanya apakah hubungan intim diperbolehkan di awal kehamilan ini, serta adakah risiko yang mungkin ditimbulkan.

* Kapan konsultasi selanjutnya dilakukan, sehingga Mama bisa mempersiapkan perjanjian lebih awal.

Baca: Membedakan Usia Janin dan Usia Kehamilan

Catat juga pertanyaan lain yang ingin Mama utarakan saat kontrol kehamilan yang pertama. Yang pasti, maksimalkan setiap kunjungan untuk mencari informasi seputar kehamilan dan tumbuh kembang janin.

Narasumber: Dr. Budi Santoso, SpOG, FMAS, Eka Hospital BSD

(Ayunda Pininta Kasih)