Tumbuh Kutil Saat Hamil, Berbahayakah?

By Gisela Niken, Senin, 19 September 2016 | 23:30 WIB
Tumbuh kutil saat hamil, apakah berpengaruh pada kehamilan? (Foto: Mom Junction) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Banyak perubahan tubuh yang kerap Mama alami saat hamil. Salah satu bagian tubuh yang sering mengalami perubahan adalah kulit. Noda hitam dan kulit yang menjadi kering menjadi keluhan yang sering dialami ibu hamil. Masalah lain yang juga muncul yakni tumbuh kutil saat hamil. Apakah hal ini berbahaya? Apa yang perlu Mama lakukan untuk mengatasinya?

Baca juga: Cara alami atasi gangguan kulit saat hamil

Kutil atau skin tag merupakan potongan atau bagian kecil kulit yang tumbuh biasanya pada lipatan. Kutil juga biasanya muncul pada bagian kulit yang kerap bergesekan dengan kulit lain atau pakaian. Bagian yang sering muncul antara lain kelopak mata, leher, ketika, bagian bawah payudara dan pangkal paha. Namun, beberapa ahli kesehatan mengungkapkan kutil saat hamil tidak berbahaya.

Baca juga: Kenapa ibu hamil mengalami stretch mark dan selulit?

Apa ya yang menyebabkan tumbuh kutil saat hamil? Kutil ternyata memang tidak hanya disebabkan oleh kehamilan. Kutil juga bisa muncul kapan saja dan disebabkan oleh faktor keturunan. Namun, peningkatan hormon selama kehamilan juga turut meningkatkan peluang tumbuhnya kutil. Hormon saat menyusui juga dapat menyebabkan tumbuh kutil. Banyak Mama juga yang mengalami tumbuh kutil di pangkal paha atau perut saat hamil, namun tidak menyadari saat proses melahirkan.

Kutil saat hamil ini bisa diatasi dengan pengobatan ke dokter. Mama sebaiknya menghilangkannya setelah hamil. Tak perlu khawatir sebab kutil bukan hal yang berbahaya dan mengancam kehamilan. Pengobata kutil bisa dilakukan hanya dengan obat atau tindakan operasi kecil, tergantung pada ukuran dan jumlah yang muncul. Jika Mama memang rentan terkena kutil, maka ada kemungkinan kutil akan terus muncul.

Baca juga: 5 jenis perawatan kulit bagi ibu hamil

Jadi, Mama tak perlu khawatir jika mengalami tumbuh kutil saat hamil. Mama pasti ingin tetap tampil cantik kala hamil. Namun, perhatikan bahaya di balik alat kosmetik dan perawatan kulit lainnya. Berolahraga dan pola makan sehat jadi cara alami yang bisa Mama lakukan untuk membuat kulit tetap bersih dan tidak terlihat kusam kala hamil.