Ada "Hotel No. 12" di dalam Senayan City! Mampir, Yuk!

By Dini Felicitas, Rabu, 21 September 2016 | 00:35 WIB
Pameran interior Hotel No. 12 di Atrium Senayan City. (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Mama menyukai pameran seni yang memaparkan karya-karya indah dan berkualitas? Yuk, mampir ke pameran desain interior "The Colours of Indonesia" yang digelar di Atrium Senayan City, Jakarta, 15 - 24 September 2016.

Pameran yang digelar dua tahunan ini mempersembahkan karya 12 desainer interior yang menamakan diri ID12. Mereka berkolaborasi untuk menyambut rangkaian acara Senayan City Iconic 10 Years pada hari ini, Rabu (21/9), dan untuk itu mengangkat tema "Hotel No. 12". Tema interior hotel tentu menjadi sesuatu yang istimewa, karena ke-12 desainer tersebut biasanya menggarap konsep rancangan residensial.

"Ide dari ID12 pada dasarnya berangkat dari persahabatan kami. Sangat sulit bagi kami yang sebenarnya satu profesi ini untuk sama-sama memberikan info mengenai apa yang sedang terjadi di dunia interior. Tetapi teman-teman ternyata menerima tantangan untuk membuat konsep yang berbeda ini. Sehari-hari mereka menggarap konsep residensial, tetapi kali ini ditantang untuk mengerjakan konsep hotel. Konsep hotel dipilih karena merupakan ruang publik, sehingga cukup menantang. Dan ternyata mereka ready!" papar Ary Juwono, The Chairman of The Colours of Indonesia 2016, saat konferensi pers beberapa waktu lalu.

Tidak sekadar merancang interior hotel, para desainer juga diharuskan menggunakan unsur tradisi Indonesia dalam rancangannya. Elemen ini juga dinilai cukup menantang sekaligus menggairahkan. Menurut Ary, pola atau motif kain Nusantara akan mudah diaplikasikan, tetapi hasilnya bisa di luar dugaan. Masing-masing desainer memiliki ciri khas dan persepsi yang berbeda, dan hal ini membuat hasilnya semakin unik.

“Dalam kolaborasi ini, Senayan City dan ID12 berhasil menggabungkan tempat, keterampilan artistik dan arsitektur menjadi pemahaman yang lebih bermakna dan kreatif dari ruang di sekitar kita dan fungsinya. Kami berharap pameran ini, dapat menginspirasi para pengunjung untuk memanfaatkan keanekaragaman budaya Indonesia dan mengaplikasikannya ke dalam desain interior mereka,” tambah Veri Y. Setiady, CEO Senayan City.

Di area pameran, Mama bisa berkeliling untuk melihat sebuah mock-up hotel dalam ukuran sesungguhnya. Dari ruang floris, ruang relaksasi, kamar tidur, café, business lounge, reception, butik, gift shop, kamar suite, restoran, hingga lobby. Unsur keindonesiaan yang kental menjadi inspirasi utama tiap ruang dan menjadi benang merah yang memadukan gaya tiap desainer menjadi satu nafas yang dinamis. Irama klasik, modern, dan kontemporer disatukan dalam suatu harmonisasi.

Hotel No. 12 juga didukung antara lain oleh Moie, Taco, Citatah, Amethyst, Blackwood, Elite, Forme, Java Chic, Gita Laras, The Leonardi, Chossy Latu, hingga Yongky Komaladi, sebagai penyedia produk furnitur dan interiornya.

"Ke depan yang kami inginkan adalah berbagi karena selama ini kami mengerjakan projek yang tidak dapat dilihat publik. Dengan showcase ini publik bisa melihat langsung," tukas Ary.

Nah, mumpung pameran Hotel No. 12 masih berlangsung, yuk langsung lihat-lihat ke lokasi. Selain menyaksikan pameran, Mama juga bisa mengikuti berbagai acara, mulai dari talk show, peluncuran buku, produk, dan furnitur, hingga Sabtu (24/9) ini.