Ini Alasan SUV Layak Jadi Mobil Keluarga

By Gazali Solahuddin, Kamis, 29 September 2016 | 06:13 WIB
Mobil keluarga kecil yang aktif (Gazali Solahuddin)

Tabloid-Nakita.com - Walau tampilannya macho, tampak besar, dan tinggi, SUV (Sport Utility Vehicle) mid size alias kompak, mudah dan nyaman dikendalikan oleh Mama baik di dalam kota maupun kel uar kota, bahkan saat melakukan perjalanan adventure sekalipun.

Alasan mobil SUV layak menjadi mobil keluarga, tidak saja karena desainnya yang sporty, tapi juga karena SUV sekarang ini umumnya sudah berkapasitas tujuh penumpang. Desain interiornya tidak malu-malu lagi mengadopsi kendaraan MPV atau sedan, setiap jok dilengkapi reclining seat, dan fasilitas hiburannya pun sudah bisa bersanding dengan kendaraan sedan.

Dengan kapasitasnya yang cukup besar, mobil ini dilengkapi banyak kompartemen untuk menaruh barang, dari penumpang paling depan hingga paling belakang. Yang disayangkan, volume bagasinya kecil sehingga sulit untuk menaruh stroller si kecil.

Beberapa tipe SUV sudah dilengkapi dengan kenyamanan khas sedan yang tentunya disukai oleh Mama. Sebagai contoh, transmisi SUV sudah ada yang automatic, suspensi sudah jauh lebih empuk, karakternya tetap sporty tapi sudah jauh lebih stylish dan nyaman, kursi driver dan penumpang depan dilengkapi air bag, malah sudah ada yang dilengkapi child safety.

Melipat dan membuka kaca spion luar cukup dengan sekali sentuh dari dalam kabin. Bahkan untuk memutar lagu, film, hingga menerima panggilan telepon atau ingin meneelpon cukup dilakukan di kemudi, karena sudah dilengkapi steering switch control. Sedangkan audio kendaraan sudah bisa diintegrasikan dengan gadget, baik yang berbasis Android ataupun IOS.

Tetap irit Asyiknya lagi, SUV modern ada yang mid size alias tidak sebesar SUV idealnya, tapi tetap dapat menampung tujuh penumpang. Mobil ini cukup tangguh, sehingga Mama tidak cemas saat melalui jalan rusak, menerobos banjir, melewati polisi tidur, atau medan jalan yang beda ketinggiannya.

Walaupun ukurannya lebih kecil, SUV mid size memang tetap lebih tinggi daripada MPV apalagi sedan. Meskipun begitu, dengan ground clearance (tinggi mobil dari jalan) rata-rata 200 mm atau lebih, saat Mama mengenakan kebaya sekalipun tidak akan kesulitan untuk naik dan turun dari mobil.

Mengenai konsumsi bahan bakar, SUV mid size walau bertransmisi otomatis, tidak boros. Kenapa? Karena rata-rata kapasitas mesinnya hanya 1500 cc. Beberapa waktu lalu, Nakita melakukan test drive Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo dengan rute Jakarta, Bandung, Ciwidey, Pantai Jayanti Cidaun, Cianjur, Sukabumi, Bogor, dan kembali lagi ke Jakarta. Kami membawa penumpang 2 dewasa 3 anak, plus 100 kg lebih barang bawaan. Ternyata, kami hanya menghabiskan biaya bensin premium kurang lebih Rp 600 ribuan untuk menempuh jarak kurang lebih 580.9 km dengan kontur jalan rusak, menanjak, dan macet total.