Berita Kesehatan : Omega-3 Tak Ampuh Atasi Mata Kering

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 8 Oktober 2018 | 10:17 WIB
Mata kering di Amerika Serikat biaya telah menyebabkan negara kehilangan sekitar 55 miliar dolar AS per tahun karena produktivitas yang hilang dan perawatan medis yang harus dibayar. (iStockphoto)

Nakita.id.-  Suplemen minyak ikan telah lama direkomendasikan kepada orang-orang yang menderita gangguan jata, yaitu mata kering (dry eye), penyakit umum yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia .

Mengutip dari laman The Daily Sabah (08/10/2018), sebuah studi membantah Omega-3 bekerja pada mata kering.

Baca Juga : Cara Alami Atasi Mata Kering Akibat Terlalu Lama Menatap Komputer

"Suplemen Omega-3 tidak lebih efektif daripada plasebo dalam mengurangi gejala mata kering," demikian temuan dari uji klinis acak yang melibatkan 535 orang yang kemudian dipublikasikan di New England Journal of Medicine.

Penyakit mata kering memengaruhi lebih dari 16 juta orang Amerika, menyebabkan rasa terbakar, gatal, menyengat, dan gangguan penglihatan.

Para ahli memperkirakan bahwa mata kering di Amerika Serikat biaya  telah menyebabkan negara kehilangan sekitar 55 miliar dolar AS per tahun karena produktivitas yang hilang dan perawatan medis yang harus dibayar.

Baca Juga : Bisnis Sewa Pelukan, Taktik Hilangkan Kesedihan Agar Tak Jadi Depresi

Mereka yang terdaftar dalam penelitian ini semuanya berjuang dengan mata kering dalam tingkat sedang hingga berat setidaknya selama enam bulan.

Subjek secara acak ditugaskan baik dosis harian suplemen Omega-3 atau plasebo minyak zaitun, yang disampaikan dalam kapsul identik.