Trik Mengatasi Anak Rewel Saat Sakit

By Gisela Niken, Rabu, 28 September 2016 | 02:45 WIB
Mengapa Banyak Anak Jatuh Sakit Usai Lebaran (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com – Saat sakit anak pasti cenderung rewel. Tentu sulit bagi Mama menghadapi anak yang sakit sekaligus rewel. Mama bisa mengatasi anak rewel saat sakit dengan trik sederhana berikut. Masalah rewel yang umum terjadi biasanya saat berobat ke dokter. Untuk itu jangan ciptakan rasa panik sebelum berobat ke dokter. Jangan menakut-nakuti anak dengan ancaman pergi ke dokter. Biarkan anak juga tenang saat pergi ke dokter.

Baca juga: Mengapa anak sakit setelah kehujanan? Ini alasannya!

Saat pergi ke dokter, bawalah hal yang membuatnya ia nyaman. Mama bisa membawa buku cerita untuk memudahkan anak masuk ke dalam situasi yang nyaman. Masalah lain yang kerap terjadi saat berkunjung ke dokter adalah saat ia harus disuntik. Saat anak merasakan sakti Mama bisa membantu meringankan rasa sakitnya dengan pijatan lembut.

Selain masalah ke dokter, anak yang rewel juga disebabkan oleh kondisi tubuh yang tidak menyenangkan. Mama bisa mengalihkan pikirannya. Berikan permainan atau kegiatan sederhana yang tidak membuatnya terlalu lelah. Pastikan anak untuk tetap hidrasi. Cukup air putih akan membuat si kecil lebih baik. Tak lupa untuk menyiapkan suasana tidur yang nyaman agar ia bisa tidur dengan lebih nyenyak.

Baca juga: 8 cara sentuhan menyembuhkan anak dari sakit

Masalah lain yang ditemukan adalah saat minum obat. Sama seperti dokter, jangan biasakan menakuti anak dengan obat. Justru buat waktu minum obat menjadi menyenangkan. Coba mengganti sendok obat dengan sendok yang lebih bewarna warni. Selain itu, berikan mainan yang membuatnya senang saat waktu minum obat. Mama juga bisa memberinya potongan buah yang manis untuk meminimalisir rasa pahitnya.

Baca juga: Panduan mengobati anak sakit di rumah

Memang sulit saat mengatasi anak rewel saat sakit. Namun, perhatian dari Mama akan membantunya untuk cepat sembuh dan pulih kembali. Mama juga perlu menjaga kesehatan dan kebersihan diri saat bersama si kecil yang sedang sakit. Rajin mencuci tangan dan memisahkan peralatan makan menjadi cara agar Mama tetap sehat dan membantu anak menjadi ceria.