3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menindik Telinga Bayi

By Gisela Niken, Rabu, 28 September 2016 | 22:45 WIB
Rambu-rambu Sebelum Menindik Telinga Bayi (Ajeng )

Tabloid-Nakita.com – Menindik telinga bayi menjadi keputusan yang diambil oleh beberapa Mama yang memiliki anak perempuan.

Namun, Mama perlu memerhatikan beberapa hal saat menindik telinga bayi. Mulai dari persiapan hingga perawatan sangat dibutuhkan agar proses menindik telinga tidak berpengaruh negatif  pada kesehatan bayi dan menyebabkan infeksi. Usia

Usia ideal untuk menindik bayi sebenarnya berusia 6 bulan. Hal ini bertujuan untuk menghindari infeksi. Masalah infeksi berisiko pada bayi di bawah usia 6 bulan sebab sistem kekebalan tubuhnya belum terbentuk dengan sempurna. Pastikan pula si kecil sudah mendapatkan vaksin tetanus sebelum ditindik. Hal ini untuk memastikan agar ia tidak terinfeksi dari jarum atau peralatan yang tidak steril.

Persiapan

Memilih tempat untuk menindik bayi juga sangat penting. Pastikan Mama memilih dokter yang resmi dengan peralatan yang steril. Saat menindik telinga  bayi, dokter seharusnya menggunakan jarum steril sekali pakai. Mama juga perlu memilih anting yang sesuai dan aman untuk bayi. Pilih anting yang terbuat dari emas, platinum dan titanium. Usahakan anting tidak mudah copot oleh tarikan tangan si kecil.

Perawatan

Saat menindik telinga bayi, Mama mungkin mengalami kondisi infeksi. Jika terjadi, ada baiknya Mama meminta saran dokter untuk penggunaan obat peredam nyeri bagi bayi. Saat telinga terlihat mulai merah dan muncul seperti ruam ada baiknya Mama mengganti anting. Bisa jadi ia mengalami alergi atau tidak cocok dengan jenis anting yang diberikan. Rajin membersihkan area telinga yang ditindik juga penting. Bersihkan kulit sekitar telinga dengan air dan sabun lembut dan gunakan alkohol. Mama juga perlu mencucui tangan sebelum mengurus bagian telinga yang terinfeksi.

Untuk mencegah infeksi, Mama memang perlu persiapan dan perawatan saat menindik telinga bayi. Jangan pula memaksa bayi untuk memakai anting jika ia mengalami infeksi dan ruam saat memakai anting. Menjaga kebersihan telinga bayi juga sangat penting untuk mencegah terjadinya infeksi pada telinga bayi yang ditindik.