Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak

By Gisela Niken, Jumat, 30 September 2016 | 03:00 WIB
3 Kesalahan Saat Menyusui yang Menyebabkan Bayi Tersedak (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Tersedak menjadi kondisi darurat yang membutuhkan penanganan yang tepat. Penanganan tersedak juga berbeda tergantung dari usia anak. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu Mama perhatikan saat mengatasi anak tersedak. Jangan sampai cara yang Mama lakukan tidak sesuai dengan tumbuh kembangnya.

Baca juga: Heboh, anak meninggal karena tersedak permen!

Bayi

Jika anak berusia di bawah 1 tahun alias masih bayi, Mama perlu mengubah posisinya. Ubah posisi bayi menjadi tengkurap dan letakkan di atas lengan Mama. Selain itu, Mama juga bisa menaruhnya di pangkuan jika sulit untuk membuat bayi tengkurap di atas lengan bagian bawah. Pegang bagian bawah rahang dengan satu tangan untung menopang kepalanya. Posisi kepala harus lebih rendah dibanding dada. Gunakan ujung jari dan tepuk di tulang belikatnya sebanyak 5 kali.

Saat cara tadi masih gagal, coba untuk mengubah posisinya menjadi telentang. Ingat posisi kepala bayi tetap lebih rendah dibanding dada. Letakkan dua jari di dada dan tepuk sebanyak 5 kali dengan kecepatan cepat. Ulangi posisi tengkurap dan telentang sampai tersedaknya hilang.

Baca juga: Bila bayi tersedak

Balita

Berbeda dengan bayi, Mama bisa melakukan beberapa posisi untuk mengatasi anak tersedak. Mama harus berdiri di belakang anak dengan lengan di sekitar pinggangnya. Buat kepalan dengan satu tangan dan letakkan tepat di perut anak. Arahkan ibu jari ke arah perut bagian atas pusar tetapi di bawah tulang rusuk. Pegang kepalan tangan dengan tangan lainnya dan dorong ke arah dalam. Lakukan beberapa kali sampai objek yang membuatnya tersedak keluar.

Baca juga: Ini cara tepat mengatasi anak tersedak

Selain cara mengatasi anak tersedak di atas, Mama bisa memintanya batuk. Biasanya objek yang belum terlalu masuk ke tenggorokan bisa diatasi dengan batuk. Jangan menarik objek dari mulutnya dengan tangan kecuali memang masih terlihat. Menarik objek justru berpotensi membuatnya makin masuk ke saluran napas.