Fitur Mobil Penting untuk Mobil Keluarga

By Gazali Solahuddin, Jumat, 30 September 2016 | 10:55 WIB
Menyalakan mobil cukup dengan satu sentuhan lembut (Gazali Solahuddin)

Tabloid-Nakita.com - Sekarang ini memilih sebuah mobil keluarga tidak sulit, semua merek mobil yang dipasarkan di Indonesia mempunyai mobil keluarga. Nah, yang manakah mobil keluarga yang cocok dengan keluarga kita?

Ingat, mobil keluarga tidak hanya berpatokan pada kapasitas penumpang, tetapi juga pada kebutuhan. Jika kita adalah keluarga muda dengan satu atau dua anak, untuk apa memilih mobil berkapasitas penumpang lebih? Justru kita harus lebih menitikberatkan pilihan pada fitur yang dimiliki oleh sebuah mobil.

Untuk mobil keluarga, fitur yang utama harus dimiliki sebuah mobil adalah fitur keamanan yang mumpuni:

1. Pilih mobil yang sudah dilengkapi dengan fitur Airbag atau teknologi sekarang dikenal dengan nama Dual SRS Airbags, yaitu dua Supplementary Restraint System Airbag dan Driver's Knee Airbag.

2. Fitur Child Lock penting jika kita masih punya balita, fungsinya supaya pintu mobil tidak bisa dibuka oleh anak, meski keylock di realese.

3. Fitur pengereman penting diperhatikan. Alangkah baiknya jika mobil keluarga sudah mengaplikasikan, minimal Anti Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Fungsi ABS supaya pengemudi bisa tetap mengontrol kemudi untuk melakukan manuver manakala melakukan pengereman ekstrem, misal, rem mendadak saat kecepatan tinggi. Sedangkan EBD berfungsi untuk bisa mendeteksi beban berat mobil dan secara otomatis meningkatkan kekuatan pengereman belakang, supaya menghentikan laju kendaraan bisa konsisten dan dapat diprediksi oleh pengemudi. Akan lebih baik lagi jika sebuah mobil yang akan dijadikan mobil keluarga memiliki fitur Brake Override System (Smart Pedal). Ini adalah sensor pintar yang bisa mendeteksi jika pengemudi melakukan hal yang tidak seharusnya dilakukan, yaitu menginjak pedal rem berbarengan dengan pedal gas. Jika itu terjadi, komputer sentral mobil akan melambatkan laju mobil dengan aman dan mengurangi akselerasi yang tidak diinginkan.

Fitur entertainment dan kenyamanan pun perlu diperhatikan. Apalagi jika kendaraan selalu dipakai menembus kemacetan ataupun keluar kota:

1. Sound System harus menjadi pertimbangan, pilihlah mobil yang mempunyai fitur Sound System yang mumpuni dan tidak perlu banyak di-upgrade. Jadi, sudah selayaknya mobil keluarga audionya enak didengar dan bisa di-adjust, bisa memutar film, terkoneksi dengan USB, disc, hingga gadget. Dengan seperti ini, menerima atau menelepon pun bisa dilakukan tanpa harus mengangkat handset.

2. AC, hal penting di zaman sekarang. Pilihlah yang sudah bisa membuat sejuk seluruh kabin mobil serta bisa diatur temperatur dan embusan anginnya sesuai keinginan.

3. Jok atau kursi tentu harus nyaman, empuk, dan bisa “memeluk” badan penumpang dengan baik, sandaran bisa diatur, tinggi rendah alas duduk bisa disetel.

4. Charger connections pun saat sekarang wajib ada pada mobil keluarga. Jadi, tidak melulu mengandalkan lighter cenector untuk men-charger handphone.

5. Immobilizer, Keyless Entry, serta Revers Sensor, perlu menjadi perhatian. Di era modern, hal ini sangat dibutuhkan untuk keamanan, kenyamanan, tidak perlu memasukkan dan memutar anak kunci untuk membuka pintu serta menghidupkan mobil, juga memudahkan saat parkir atau manuver di tempat sempit.

6. Mobil berfitur Multi Information Display (MID) layak menjadi pilihan karena komputer pintar mobil bisa memberikan informasi kondisi mobil: jarak tempuh yang sudah dilakukan, membaca berapa kilometer lagi yang bisa ditempuh dengan bahan bakar yang tersedia, mengetahui kondisi cuaca (panas) di luar mobil, hingga kapan mobil harus melakukan service.

7. Paddle Shift, sebuah fitur yang bisa mewakili dua pengendara berbeda. Misal, Mama senang mengemudi dengan kalem, cukup menggunakan mode automatic; Papa senang yang agresif saat mengemudi, bisa memanfaatkan teknologi ini karena bisa membuat mobil dikendalikan secara manual untuk perpindahan gigi, tapi tanpa perlu menginjak pedal kopling.