Manfaat Tersembunyi Minum Air Putih Bagi Ibu Hamil

By Gisela Niken, Selasa, 4 Oktober 2016 | 03:30 WIB
Ternyata ada banyak hal tersembunyi dari manfaat air putih bagi ibu hamil (Foto: New Kids Center) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Banyak minum air putih mungkin menjadi saran yang sudah biasa bagi ibu hamil. Namun, Mama memang perlu minum air putih lebih banyak selama masa hamil. Tubuh yang menyesuaikan kehadiran janin membutuhkan fungsi air putih untuk kelancaran sistem metabolisme tubuh. Berikut aneka manfaat air putih bagi ibu hamil yang perlu Mama ketahui.

Baca juga: Ibu hamil perlukah minum susu?

Tidak hanya menjaga kesehatan janin, air putih selama kehamilan sangat membantu untuk kesehatan Mama sendiri. Air putih dapat menyingkirkan racun dan limbah dari tubuh. Saat hamil, Mama jadi lebih mudah terpapar virus dan bakteri. Selain itu, air putih juga dapat meringankan gejala kehamilan yang mengganggu seperti lelah saat hamil. Air putih juga dapat mencegah sembelit dan mengurangi pembengkakkan yang terjadi saat hamil.

Baca juga: 5 kesalahan makan yang paling sering dilalui ibu hamil

Siapa sangka air putih juga dapat menurunkan risiko terkena infeksi saluran kemih. Pertumbuhan janin menekan bagian kantung kemih sehingga Mama berisiko untuk mengalami infeksi. Persalinan prematur juga bisa dicegah dengan banyak mengonsumsi air putih. Kulih takut kusam saat hamil? Tak perlu khawatir, air putih dapat membuat Mama menjadi lebih cantik dan bersinar.

Selain air putih, Mama juga bisa mengonsumsi jenis minuman lain seperti susu. Susu dapat meningkatkan asupan kalsium yang baik untuk pertumbuhan otot dan tulang bayi. Selain itu, susu juga mengandung dua pertiga air sehingga Mama tetap terjaga hidrasinya. Namun, ada kondisi di mana banyak Mama yang cenderung tergoda untuk mengonsumsi minuman lain seperti jus buah dan soda. Coba untuk menghindari kondisi ini karena gula terlalu banyak tidak baik untuk janin dan kesehatan kehamilan.

Baca juga: 4 gangguan pencernaan saat hamil

Setelah melihat aneka manfaat air putih bagi ibu hamil, Mama perlu memilih asupan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Jus buah misalnya boleh saja dikonsumsi namun perlu dengan proses yang lebih sehat. Gunakan banyak buah dan kurangi penggunaan gula. Selain itu, hindari minuman yang tidak diproses dengan baik dan matang sebab bakteri dapat menginfeksi ibu hamil dengan mudah.