10 Hal yang Biasa Dilakukan Ibu Saat Nunggu Anak Sekolah

By Dini Felicitas, Selasa, 4 Oktober 2016 | 06:00 WIB
Akun @vida di Instagram yang mem-posting keseruan sarapan bareng saat menunggu anak sekolah. (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Jauh sebelum mantan Menteri Pendidikan RI Anies Baswedan menggaungkan kampanye mengantar anak pada hari pertama masuk sekolah, banyak ibu yang dengan kesadaran dan kemauan sendiri mengantar anak-anak ke sekolah. Bahkan, hal ini tidak cuma terjadi pada hari pertama masuk sekolah, melainkan di hari-hari selanjutnya, bahkan sepanjang masa sekolah.

Biasanya mereka akan mengantar anak ke sekolah, dan menunggu di sekolah sampai pelajaran usai. Biasanya, hal ini berlaku pada ibu-ibu yang anak-anaknya masih di kelompok bermain, TK, atau awal masuk SD. Bosankah mereka menunggu anak sekolah selama 2,5 hingga 3,5 jam tanpa ada kegiatan? Hm... siapa bilang? Banyak lho, yang bisa dilakukan para ibu di sekolah. Mama pasti sepakat, ini yang biasa dilakukan ibu saat menunggu anak sekolah:

1. Ngegosip dengan ibu-ibu lain Katanya, perempuan mengucapkan 20.000 kata per hari, yang artinya 13.000 kata lebih banyak daripada yang diucapkan laki-laki. Maka, tidak heran jika bergosip adalah hal pertama yang dilakukan ibu-ibu saat menunggu anak sekolah. Hal inilah yang di-post oleh akun Instagram @pristadevina, yang fotonya diberi tag "Kopi Manyar, Bintaro Sektor 1, Tangerang. Ketika obrolan tentang PR, tugas sekolah, les, atau field trip, sudah dirasa membosankan, apa lagi yang dibahas? "We were NOT liars. We still are ????????????. What's the connection between vaccines, property disputes, and pokemon go? Nothing. Our topics today are random as always," tulis Mama Prista.

2. Sarapan bareng Sebelum anak berangkat ke kantor, Mama mungkin sudah menyiapkan sarapan, baik sarapan untuk anak maupun suami. Tetapi, Mama sendiri pasti tak sempat sarapan. Karena itu, sambil menunggu anak sekolah Mama sarapan bersama ibu-ibu lain. Lagipula, katanya, kalau memasak sendiri biasanya Mama jadi tak selera makan karena bosan. Jadi kalau sekolah anak berdekatan dengan warung-warung atau kedai makanan, Mama bisa sarapan dulu. "Sarapan bersama #nasibogana #mommyinplays #insta_woman #mommystagram #beauty #nungguanaksekolah," tulis akun @vida02, sambil men-tag lokasi Nasi Bogana Boga Prabu Sentra Eropa Kowis.

3. Ngopi-ngopi cantik Untuk Mama yang sudah sarapan di rumah, pilihan nongkrong saat menunggu anak sekolah biasanya berpindah ke kedai kopi. Kadang-kadang, ngopi di coffee shop sekalian menjadi kesempatan bertemu dengan teman-teman lama. Contohnya akun @angrez26, yang memilih ngopi di Tanamera Coffee Achmad Dahlan, Jakarta Selatan. "After 20 years finally meet again with my old friends.... literally?," tulisnya sambil memajang foto-fotonya bersama teman-teman semasa SD.

4. Yoga Jangan bilang tak punya waktu olahraga kalau Mama punya waktu kosong 2,5 jam untuk menunggu anak sekolah. Bahkan, Mama bisa berolahraga dengan rutin di sela-sela waktu tersebut. Mama bisa yoga tiga kali seminggu, dengan latihan per sesi yang hanya makan waktu satu jam. Jangan heran kalau klab-klab yoga, zumba, atau aerobik di kompleks perumahan dipenuhi dengan ibu-ibu yang tengah mengisi waktu saat menunggu anak sekolah.

5. Jualan Enaknya kalau jadi full time mommy, selain mengasuh anak Mama bisa sambil buka usaha kecil-kecilan. Entah itu bisnis kue kering, makanan beku, menjadi agen produk kosmetik atau asuransi, hingga mengelola toko online. Contohnya Mama Fanny Aeni, yang sesekali menemani anaknya sekolah sebelum berangkat ke kantor. "Karena saya suka bantal, saya jualan bantal. Bantalnya pakai custom lukisan. Harganya Rp 80.000," ujar Mama Fanny sambil terbahak.

6. Mengasuh anak "Nunggu kakaknya skola. Drpd cape muter2 pengennya jln mulu. Dikasih dompet aja diacak2 jd anteng. Bsk bagasi hrs disulap jd ruang bermain anak ni," tulis akun @graceseptina. Ya, Mama yang punya anak balita dan batita pasti lebih repot karena harus menunggu anak sekolah sambil mengasuh si adik. Daripada bolak-balik ke rumah, akhirnya si adik juga diajak ke sekolah.

7. Belanja di olshop Belanja di olshop jelas membutuhkan waktu khusus untuk membuka-buka foto produk yang begitu banyak. Hal ini sangat mungkin dilakukan saat menunggu anak sekolah. Bahkan Mama bisa memborong belanjaan dari beberapa toko sekaligus karena luangnya waktu yang tersedia. Mau mojok di emperan sekolah, atau masuk ke mobil biar adem, semuanya bisa. "Kayakny si lg browsing onlen shop di IG ni????..." tulis akun @andris3nanda, yang tampak sedang serius mengutak-atik ponselnya.

8. Update socmed Bahagia itu sederhana, yaitu selama ada smartphone dan koneksi internet, begitu mungkin pendapat para mama. Apa pun bisa dilakukan Mama asalkan berbekal dua hal ini, ditambah lagi jika ada teman-teman sesama ibu penunggu anak sekolah. Mau selfie di dalam mobil, wefie di tempat makan, atau memotret suasana sekitar sekolah dengan kamera smartphone yang canggih, lalu mem-posting-nya di media sosial, selesai semua urusan. "Menunggu itu nggak membosankan asal bawa HP," tegas akun @dewiyanom.

9. Nge-date sama suami Ya, kenapa tidak? Apalagi kalau Papa kebetulan wiraswastawan yang leluasa mengatur waktunya di pagi hari. Sekadar sarapan di kedai makanan cepat saji pun tak masalah. Salah satunya pemilik akun @petty_patricia. "Good Morning ^^. Breakfast Date at KFC.. Haha..." tulis Mama Petty sambil mem-posting fotonya bersama sang suami. Kapan lagi bisa berduaan saja dengan Papa ya, Mam, meskipun cuma bisa pagi hari saat anak sekolah.

10. Nyalon Ada dua hari libur di akhir pekan, tetapi akhir pekan biasanya menjadi milik anak-anak. Mama Papa harus mengikuti ke mana mereka mau jalan-jalan. Tidak demikian jika Mama sedang menunggu anak sekolah. Paling tidak, waktu luang selama 2,5 jam yang menjadi milik Mama sendiri. Cukup leluasa jika Mama mau nyalon, entah itu creambath, totok wajah, body spa, atau luluran. Kapan lagi bisa rileks seperti ini?

Nah, Mama sendiri, apa yang biasa Mama lakukan saat menunggu anak sekolah?