Duh, Seorang Ibu Membuang Bayinya di Toilet Rumah Sakit Siloam

By Saeful Imam, Selasa, 4 Oktober 2016 | 08:30 WIB
Duh, bayi dibuang di toilet rumah sakit siloam (Saeful Imam)

Tabloid-Nakita.com - Akun instagram musisi sekaligus dokter Mesty Ariotedjo hari itu cukup ramai. Postingan tentang seorang ibu yang membuang bayi di toilet rumah sakit Siloam Tangerang menarik perhatian para followernya. Begini postingan dokter Mesty dalam akun @mestyariotedjo: 

"Sudah tahu berita tentang bayi perempuan yang ditemukan di dalam kloset toilet? Bayi tersebut kini mengalami hipotermia dan butuh penanganan lebih lanjut dari dokter. Bayi perempuan tanpa nama ini mengalami hipotermia atau kedinginan karena ia lahir terlalu cepat dan terkena paparan suhu ruangan yang dingin secara terus-menerus.

Bayi ini sekarang sudah berada dalam penanganan dokter. Dokter mendiagnosis bahwa bayi perempuan ini mengalami sepsis neonatorium. Sepsis neonatorium merupakan penyakit infeksi yang ditandai oleh adanya bakteri dalam darah. Selain itu, sejak dirawat oleh dokter, bayi ini menjadi kurang aktif dan tidak mau minum. Bayi perempuan tanpa nama ini sangat membutuhkan perawatan lebih lanjut dari dokter.

Perawatan tersebut tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi polisi belum menemukan keluarga bayi ini. Berikan bantuan Anda kepada bayi ini agar ia tetap bisa menjalani perawatan di rumah sakit dengan berdonasi melalui www.wecare.id/patient/98 Kelak, saat ia dewasa nanti, ia akan tahu bahwa ada banyak orang yang sayang sekali padanya." #BantuPasien #WeCareID #Regrann

Baca juga: Raudiah Menangis, Bayi Kembarnya Hilang. Begini ceritanya

Postingan ini langsung mendapat banyak respons. Salah satunya dari Janeeta Jasmine, "Nak, cepet sembuh ya. Semoga mama yg menelantarkanmu cepet sadar bahwa tindakannya adalah kebodohan." Lalu ditanggapi oleh Aulia Nafrila, "Tega amat ditelantarkan. Aku aja pengin punya anak susah banget. Semoga orang yang melahirkannya sadar dan dibukakan mata hatinya."

Kejadian ini juga mendapat peliputan media termasuk kompas.com. Dalam lamannya, berdasarkan keterangan Kapolsek Kelapa Dua Komisaris Zainal Azhab, kompas.com menginformasikan, perawat Rumah Sakit Siloam menemukan seorang bayi ketika hendak buang air kecil di salah satu toilet pada Sabtu (1/10/2016) pagi.

 

"Orang yang menemukan bayi itu perawat rumah sakit. Awalnya, si suster mau buang air kecil, terus dia dengar kayak ada suara kucing. Ternyata, bukan suara kucing, tapi suara bayi nangis," kata Zainal.

Bayi perempuan itu ditemukan di dalam kloset di salah satu bilik yang ada di toilet tersebut. Ketika ditemukan, kondisi bayi masih merah dan terlihat ari-ari masih menempel.

Baca juga: Lagi, bayi meninggal karena diberi makan pisang oleh sang Ibu

Perawat tersebut langsung meminta bantuan dan memindahkan bayi tersebut ke tempat perawatan. Ketika selesai diperiksa, bayi perempuan itu dipastikan dalam kondisi sehat.

"Beratnya sekitar 2,5 kilogram. Kata dokter, bayinya sehat, cantik pula," tutur Zainal.