Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Sebelum Anak Berusia 1 Tahun

By Gisela Niken, Rabu, 5 Oktober 2016 | 00:15 WIB
Jangan Percaya 5 Mitos Tentang Makanan Bayi Ini (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Memperkenalkan makanan padat memang jadi hal yang penting terutama saat bayi sudah menginjak usia 6 bulan. Fase ini juga menjadi tantangan untuk Mama dalam memilih makanan mana yang sesuai dengan tumbuh kembang anak. Berikut daftar makanan yang perlu dihindari bayi apalagi jika ia belum menginjak usia 1 tahun. Sistem pencernaan yang buruk akan membuat makanan yang mungkin bisa dibilang sehat justru menjadi buruk bagi bayi.

Baca juga: Variasi makanan bayi

Madu

Madu memang menjadi makanan alami dan dikenal untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun, pilihan makanan ini tidak baik untuk tubuh. Madu kadang mengandung bakteri yang dapat menyebabkan penyakit serius seperti botulisme. Sistem kekebalan tubuh yang sudah baik tidak akan terpengaruh pada bakteri dalam madu.

Susu

Mama juga perlu menunggu hingga anak berusia 1 tahun jika ingin mengenalkan susu sapi. Sistem pencernaan bayi yang belum matang menyebabkan bayi tidak bisa mengolah protein dalam susu sapi. Kondisi ini berisiko pada diare dan masalah pada ginjal. Tidak hanya susu, sebaiknya Mama tidak memberikan olahan susu seperti keju pada anak di bawah usia 1 tahun.

Baca juga: 5 kesalahan saat mengenalkan makanan padat ke bayi

Makanan terlalu besar

Tidak hanya jenisnya saja, tekstur makanan berbahaya juga perlu dipikirkan. Jika anak berusia 6 hingga 8 bulan Mama bisa memberinya makanan yang telah dihaluskan. Setelah ia memiliki beberapa gigi, Mama bisa memberinya potongan kecil makanan lunak seperti sayuran, telur dan buah. Namun hindari memberinya anggur utuh, kacang-kacangan dan makanan berbentuk selai yang menyebabkan bayi tersedak.

Baca juga: Tip mengolah makanan bayi

Makanan berbumbu

Sebagai orang dewasa, Mama mungkin sangat senang dengan makanan yang kaya rasa. Namun, hindari makanan dengan garam, kaldu atau gula pada makanan anak di bawah usia 1 tahun. Kelebihan garam akan membuat lidah bayi terbiasa mengonsumsi makanan asin dan sulit bagi ginjalnya untuk memproses. Makanan dengan lebih banyak gula juga dapat merusak gigi dan obesitas. Jadi, jangan berikan banyak bumbu sebagai makanan yang perlu dihindari bayi.