Ini Rasanya Saat Janin Bergerak Pertama Kali

By Gisela Niken, Jumat, 14 Oktober 2016 | 03:30 WIB
Kapan Gerakan Janin Mulai Terasa? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Saat hamil, gerakan janin menjadi salah satu momen yang ditunggu para Mama. Kira-kira seperti apa ya rasanya saat janin bergerak pertama kali? Kadang-kadang sulit pula bagi Mama untuk membedakan mana gerakan janin dan bukan. Biasanya gerakan janin paling cepat dapat dirasakan pada minggu ke 13 hingga 16.

Baca juga: Gerakan janin yang pasti Mama rasakan

Gerakan janin biasanya terasa saat mendekati trimester kedua. Mama juga tak perlu khawatir jika Mama mengalami gerakan janin pada usia kehamilan 18 hingga 20 minggu. Setiap kehamilan berbeda sehingga tidak selamanya gerakan janin terjadi pada waktu yang sama. Bahkan gerakan janin juga mungkin terjadi pada usia 20 hingga 25 minggu.

Baca juga: Gerakan janin yang menajubkan

Mama juga sulit membedakan antara gerakan janin dengan rasa ada gas di dalam perut atau perut kembung. Mama mungkin tidak akan mengetahui gerakan janin pada awal-awal. Biasanya Mama akan mengenalinya ketika muncul pola sebab janin akan membuat pola kehidupan. Janin punya waktu istirahat serta bergerak. Janin juga selayaknya seperti manusia sebab ia bisa saja merespon suara dengan emosi Mama. Gerakan lebih jelas yang biasa ditunjukan antara lain menendang, meninju dan bergulir.

Faktor lain yang menyebabkan janin bergerak ialah ketika ia berada di dalam posisi yang kurang nyaman. Makanan yang masuk ke dalam tubuh Mama dan masuk ke janin melalui plasenta juga menyebabkan gerakan janin. Gerakan seperti ini biasanya semakin terasa pada trimester ketiga dan janin semakin memiliki pola gerakan yang teratur.

Baca juga: Kapan gerakan janin mulai terasa?

Semakin lama, gerakan janin pertama kali tadi bisa jadi indikasi kesehatan janin.Pada trimester ketiga, Mama juga perlu menghitung gerakan janin untuk membantu Mama dalam mengidentifikasi masalah dalam janin. Misalnya saat saat trimester ketiga, gerakan justru terlihat berkurang. Hal ini bisa diketahui dengan menghitung gerakan janin. Mama bisa menghitung gerakan janin dengan mencatat lama waktu yang dibutuhkan untuk merasakan 10 gerakan. Minimal janin bergerak 10 kali dalam kurun waktu 2 jam.