Takaran Pemberian Susu Formula pada Bayi Sesuai dengan Usianya

By Finna Prima Handayani, Jumat, 2 November 2018 | 13:39 WIB
Takaran pemberian susu formula pada bayi (iStockphoto/Hope Connolly)

Nakita.id - Air susu ibu (ASI) merupakan asupan wajib untuk Si Kecil hingga usianya 2 tahun, tapi tak sedikit pula Moms yang memberikan susu formula pada Si Kecil, meski usianya masih bayi.

Menurut dr. Diana Amillia Susio, SpOG yang termuat di Smart Living Magazine-Prodia, ada kondisi tertentu yang memang memperbolehkan Moms memberi susu formula pada Si Kecil.

Pergantian ASI ke susu formula ini disebut sebagai acceptable medical reasons for use of breast-milk substitutes yang telah ditetapkan oleh WHO.

Baca Juga : Mytha Lestari Beri Susu Formula untuk Anaknya di Usia 2 Bulan, Amankah? Ini Penjelasan Dokter!

"Ingatlah bahwa nyaris semua ibu tak ada masalah dengan ASI-nya. Masalahnya cuma caranya, kesabarannya, dan keinginannya kuat atau tidak untuk memberikan ASI pada bayi.

Pemberian susu formula hanya benar-benar atas dasar indikasi medis yang disampaikan oleh dokter yang paham tentang ilmu laktasi," ujar Diana.

Dalam memberikan susu formula pada bayi, Moms pun tidak boleh sembarangan, harus mengikuti aturannya, yang mana biasanya disesuaikan dengan usia bayi.

Baca Juga : Berita kesehatan akurat: Menyeduh Susu Formula Bayi Jangan dengan Air Dispenser, Bayi Bisa Sakit!

Dilansir dari laman momjunction.com, berikut adalah takaran dan ketentuan pemberian susu formula pada bayi dengan menyesuaikan usianya.