Dari Diskon hingga Trade In Lipstik, Belanja Kosmetik di Olshop Makin Seru!

By Dini Felicitas, Senin, 17 Oktober 2016 | 05:15 WIB
JD.ID Beauty Festival yang berlangsung di Kota Kasablanka beberapa waktu lalu. (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Kalau Mama senang merawat tubuh, gemar mencoba merek-merek baru, atau senang bereksperimen dengan tren makeup dewy ala Korea, kini tak perlu lagi menunggu saat liburan untuk berbelanja, atau menitip pada teman yang sedang ke luar negeri. Karena sudah banyak toko online (online shop) yang menyediakan produk-produk kecantikan dan perawatan tubuh seperti yang Mama inginkan. Mama tinggal mengakses internet, belanja barang di olshop pun bisa Mama lakukan sembari naik commuter line.

Salah satu olshop yang menawarkan produk-produk kecantikan tersebut adalah JD.ID. Meskipun saat mulai beroperasi di Indonesia pada November 2015 toko ini lebih banyak menyediakan gadget dan smartphone yang diburu kaum pria, saat ini JD.ID sudah menyediakan kategori Kesehatan & Kecantikan yang tentu lebih memuaskan kaum perempuan. Kategori ini melengkapi 11 kategori lain yang sudah ada, dari Ibu dan Anak, Smartphones, Perangkat Elektronik, hingga Luxury Products.

Produk-produk kecantikan yang ditawarkan antara lain beauty tools yang dapat mendukung penampilan seperti parfum, makeup, body care, haircare, hairstyling tools, dan masih banyak lagi. Banyak merek yang sudah terkenal di Indonesia, maupun yang masih asing, bisa Mama dapatkan di sini, di antaranya Babyliss, Vidal Sassoon, PHILIPS, Canmake, Dr. Jart+, L'Oréal Paris, Maybelline, L'Occitane, OLAY, Cottage, Redwin, Mütouch, Cetaphil, Makarizo, Scholl, Bioré®, Palmolive, POND’S®, Dove, TRESemmé, dan Vaseline®.

"Selama ini smartphone dan gadget menjadi produk nomor satu (yang dicari di JD.ID), di mana 55%-nya didominasi kaum pria yang membeli gadget. Tetapi kategori beauty itu dunia yang bebas krisis. Meski sedang krisis, wanita ingin tetap tampil menarik. Dalam waktu 1 tahun kami sudah dipercaya brand-brand terkenal yang sadar bahwa customer loyal yang tadinya belanja di outlet sekarang pindah ke online. Karena online menawarkan diskon yang belum tentu ada di offline," ujar Teddy Arifianto, Head of Corporate Communications & Public Affairs JD.ID.

Menurutnya, apa yang ditawarkan JD.ID bukan sekadar barang, tetapi juga Trust, Experience, dan Service. Aktivitas belanja online tidak akan terjadi tanpa adanya trust (kepercayaan) dari pelanggan pada toko. Diskon juga penting, tapi pengalaman (experience) belanja lebih penting.

"Diskon itu first entry. Setelah memesan barang, jika pelanggan memiliki pengalaman menyenangkan bisa terus berbelanja. Kemudian service adalah bagian dari komitmen kami sebagai perusahaan e-commerce. Kami tidak sekadar menawarkan diskon, tapi juga membangun infrastruktur berupa gudang untuk memproses 1000 pesanan tiap harinya," kata Teddy.

Untuk lebih mengenal pelanggan wanitanya, dan memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan itulah, JD.ID menggelar Beauty Festival pada 13-16 Oktober 2016 lalu di mall Kota Kasablanka, Jakarta. Dalam beautyfest ini, pengunjugn bisa memilih produk-produk yang diinginkan, lalu melakukan transaksi melalui aplikasi JD.ID yang bisa diunduh di ponsel.

Asyiknya belanja saat beautyfest ini berlangsung, pelanggan bisa mendapat diskon khusus dan berbagai program unik yang belum pernah ada. Bayangin, Mama bisa mengikuti makeover gratis, sampel produk gratis, tutorial make up, diskon hingga 50 persen, juga berbagai program trade in (tukar barang  lama dengan barang baru) seperti trade in lipstik, cat kuku, maskara, dan eyeliner. Jadi, lipstik, cat kuku, maskara, atau eyeliner Mama dari merek apa pun yang sudah hampir habis bisa ditukar dengan yang masih baru.

Apakah program seperti Beauty Festival bisa menimbulkan repeat order (pemesanan ulang) dari pelanggan?

"Apparently customer kita selalu repeat. Tendensinya, customer saat belanja itu akan memborong instead of buying only one product. Perusahaan e-commerce itu sangat penting untuk dapat repeat oder. Kalau hanya diskon tapi kemudian kapok belanja, itu kan nggak profit," kilah Arief Nuary, Beauty Division Manager JD.ID, saat peluncuran JD.ID Beauty Festival di Mika Japanese Bistro, Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (13/10) lalu.

Teddy menjanjikan bahwa program seperti Beauty Festival ini akan diadakan secara rutin. Mama yang berada di daerah tak perlu khawatir kesulitan mendapatkan produk-produk yang dijual di olshop ini. Selainkan tetap bisa mendapatkan diskon-diskon khusus di toko online, saat ini JD.ID sedang membangun gudang di Jawa Timur, dan tahun depan di kawasan barat Indonesia untuk mempercepat pengiriman barang.

"Agar bisnis tetap berkelanjutan, pelanggan harus mendapat pengalaman belanja yang menyenangkan, seperti jaminan kepastian bahwa barang tersedia, ada gudang di mana layanan pelanggan mudah dihubungi, dan pengiriman barang bisa dikelola dengan baik. Kami tidak tergantung reseller, karena konsep kami adalah B to C (business to consumer)," katanya.