Kesalahan Fatal Saat Memakai Stroller Bayi

By Gisela Niken, Selasa, 18 Oktober 2016 | 03:00 WIB
Ada beberapa kesalahan saat memakai stroller bayi (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Stroller atau dorongan bayi menjadi produk yang tak terlewat bagi para Mama. Benda ini memang sangat berfungsi jika berada di luar rumah. Namun, Mama perlu mewaspadai kesalahan saat memakai stroller bayi berikut ini. Kesalahan yang ditemukan oleh sebuah penelitian di Swedia ini dapat meningkatkan risiko kematian mendadak pada bayi.

Baca juga: 4 stroller bayi terunik

Kesalahan yang kerap dilakukan banyak Mama adalah mencoba menutupi bayi dengan selimut atau kain saat berada di luar ruangan. Mungkin tujuan Mama untuk melindungi bayi dari paparan sinar matahari. Namun penggunaan selimut bukan hal yang tepat. Memberi bayi selimut dapat mengurangi sirkulasi udara dalam stroller dan meningkatkan anak-anak pada risiko heat stroke bahkan sindrom kematian mendadak pada bayi. Hal ini disebabkan karena suhu tubuh tinggi dapat membahayakan bayi.

“Stroller bayi hampir sama seperti termos. Akan sulit suhu di dalam kereta dorong untuk turun,” ujar Svante Norgren, salah seorang peneliti yang merupakan dokter anak di Astrid Lindgren Children Hospital. Selain sirkulasi buruk, sulit bagi Mama untuk memantau bayi yang tertutup oleh selimut. Selain selimut, baju bayi yang terlalu panas juga sebaiknya dihindari.

Baca juga: Kiat memilih stroller bayi

Menurut penelitian ini, suhu di dalam stroller yang berada di bawah paparan sinar matahari bisa mencapai 25 derajat celcius. Saat ditutupi oleh kain tipis suhu di dalam stroller bisa mencapai 32 derajat celcius dalam 30 menit. Sementara jika dibiarkan selama 1 jam, suhu udara dalam stroller bisa mencapai 38 hingga 40 derajat celcius. Lalu, apa yang bisa Mama lakukan untuk melindungi bayi dari sinar matahari?

Baca juga: Stroller termahal di dunia seharga 50 Juta

Ternyata, salah satu kunci agar bayi terlindung adalah memilih warna stroller yang tepat. Warna yang kalem dan soft menjadi warna yang direkomendasikan agar bayi terlindung dar sinar matahari. Selain itu, Mama juga perlu menghindari memberikan banyak bantal yang dapat membuat kulitnya sulit bernapas. Salah satu cara lain untuk menghindari kesalahan saat memakai stroller bayi ialah dengan memilih model yang memiliki sirkulasi udara di bagian kepala bayi. Hal ini dapat membuat udara masuk dan Mama bisa mengontrol kondisinya di dalam stroller.