Ini Gejala Kanker Payudara Stadium Awal

By Gisela Niken, Kamis, 20 Oktober 2016 | 04:30 WIB
Perubahan payudara menjadi gejala kanker payudara stadium awal (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kanker payudara masuk ke dalam salah satu kanker yang paling tinggi dialami oleh wanita. Maka, meski Mama tidak berisiko atau mungkin belum mengalaminya ada baiknya memahami gejala kanker payudara stadium awal. Pendeteksian dini terbukti dapat membuat peluang kesembuhan yang sangat besar. Sel kanker yang belum aktif bertumbuh akan sangat mudah untuk diobati.

Baca juga: Menyusui minimalkan risiko kanker payudara

Gejala yang paling umum muncul ialah benjolan. Benjolan pada payudara merupakan gejala atau tanda awal munculnya kanker. Mama tak perlu takut dan khawatir jika memeriksakan benjolan pada dokter. Benjolan pada payudara tidak selamanya berbahaya. Namun, Mama juga perlu waspada sebab benjolan bisa saja tidak terasa sakit. Beberapa hari setelah menstruasi menjadi waktu yang tepat untuk mendeteksi benjolan tersebut.

Baca juga: Fakta terbaru soal kanker payudara

Perubahan pada puting juga menjadi gejala kanker payudara stadium awal. Puting yang nyeri disertai mengeluarkan cairan jadi gejala umum kanker ini. Selain itu, puting yang masuk ke dalam payudara menjadi gejala kanker. Perubahan juga kerap terjadi pada kulit payudara. Biasanya kulit sekitar payudara akan berubah menjadi lebih merah. Selain itu, tekstur juga menjadi berubah. Kulit payudara bisa terlihat menjadi mengeras, terkelupas, tumbuh pembuluh darah pada kulit serta mengerut seperti buah jeruk.

Selain itu, bentuk payudara juga bisa berubah misalnya terlihat cekungan seperti lesung pipi pada payudara dan terlihat lekukan pada kulit payudara. Gumpalan daging juga bisa muncul di area payudara. Perubahan bentuk pada payudara juga menjadi gejala kanker lo, Mam. Maka sebaiknya Mama memerhatikan bentuk payudara kanan dan kiri. Namun, bentuk payudara yang asimetris bukan tanda pasti terjadinya kanker payudara.

Baca juga: Daftar faktor risiko kanker payudara yang perlu diwaspadai

Gejala kanker payudara stadium awal lainnya yang mungkin terjadi ialah munculnya pada benjolan pada bawah ketiak. Biasanya kanker payudara dapat menyebar lewat jaringan di bawah ketika. Maka biasanya benjolan bisa sampai di area bawah ketiak. Dengan berbagai gejala awal di atas, Mama bisa melakukan deteksi secara klinis untuk memastikan gejala tersebut merupakan gejala kanker payudara.