Ternyata, Ini Manfaat Menstruasi Bagi Otak

By Gisela Niken, Senin, 31 Oktober 2016 | 05:30 WIB
Menstruasi Tidak Teratur, Apakah Bisa Hamil? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Menstruasi ternyata tidak hanya siklus bulanan yang berpengaruh pada hormon dan fisik. Sebuah penelitian mengungkapkan manfaat menstruasi bagi otak. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Sciences ini mengungkapkan menstruasi ternyata dapat membantu pertumbuhan otak.

Baca juga: Manfaat menstruasi yang perlu Mama tahu

Penelitian ini mencatat hubungan antara tingkat hormon estrogen selama menstruasi dengan otak. “Kami menemukan bahwa tingkat esterogen yang meningkat juga meningkatkan hippocampus, salah satu bagian dari otak,” ujar Claudia Barth, salah seorang peneliti. Hippocampus merupakan bagian otak yang terkait dengan kenangan, suasana hati dan emosi.

Baca juga: Siklus menstruasi setelah melahirkan

Esterogen dapat meningkatkan konektivitas di dalam hippocampus hingga sebesar 25%. Artinya, esterogen dapat meningkatkan komunikasi antara neuron. Dalam penelitian ini Barth dan tim peneliti mengamati 30 perempuan. Mereka mengamati dan mengukur kadar estrogen dalam darah pada dua siklus menstruasi mereka. Para wanita juga menjalani scan MRI yang digunakan untuk mengukur volume darah di dalam otak. Hasilnya, peningkatan kadar estrogen juga dibarengi dengan peningkatan volume darah di hippocamus.

Perubahan inilah yang juga menjadi alasan mengapa suasana hati perempuan menjadi berubah. Tingkat estrogen juga terkait dengan kesejahteraan emosional perempuan. Estrogen berpengaruh pada otak yang mengontrol emosi. Salah satu gejala yang pasti dan mungkin Mama rasakan antara lain merasa cemas dan ada di dalam situasi hati yang cukup parah.

Baca juga: 5 fakta menstruasi setelah melahirkan

Manfaat menstruasi bagi otak ini juga berdampak pada sikap Mama. Sebuah penelitian dalam Journal of Neuro Science 2014 mengungkapkan bahwa peningkatan kadar estrogen saat menstruasi dapat menurunkan perilaku impulsif dalam membuat keputusan. Artinya, perempuan menjadi berhati-hati dalam melakukan sesuatu ataupun memutuskan sesuatu saat dalam masa menstruasi.