Tip Menggendong Bayi Baru Lahir yang Tepat

By Gisela Niken, Selasa, 1 November 2016 | 07:15 WIB
Bayi Bau Tangan Karena Sering Digendong? (Puri)

Tabloid-Nakita.com – Mama Papa khususnya orangtua baru tentu akan sangat berhati-hati ketika berurusan dengan bayi baru lahir. Maka, Mama perlu memahami teknik serta cara menggendong bayi baru lahir yang tepat. Mulai dari kepala hingga tubuh bayi terasa kecil dan rapuh apalagi berat bayi baru lahir tidak mencapai 5 kilogram.

Baca juga: Ini lo cara tepat menggendong bayi

Ada beberapa hal yang perlu Mama perhatikan dalam menggendong bayi baru lahir. Tip dan trik ini akan membuat Mama menjadi lebih aman dan merasa nyaman saat menggendong bayi baru lahir. Bagian tubuh yang perlu menjadi perhatian adalah kepala dan leher bayi. Pastikan Mama mendukung bagian kepala dan leher saat membawa bayi dengan posisi yang benar, mulai dari posisi tegak hingga saat membuatnya berbaring.

Hindari pula mengguncang atau mengayun bayi dengan kencang. Ingat bahwa bayi baru lahir sangat rapuh sehingga guncangan dapat menyebabkan pendarahan di otaknya yang dapat berujung dengan kematian. Jika Mama ingin mengangkat bayi dari tempat tidur atau membangunkannya jangan lakukan dengan kasar. Lakukan dengan lebih halus dan lembut agar bayi tidak kaget.

Baca juga: Kapan boleh menggendong bayi?

Pastikan pula bayi selalu aman dalam situasi apapun dan dalam pengamanan misalnya dalam kereta dorong atau kursi mobil. Batasi melakukan kegiatan yang terlalu kasar atau goyangan yang terlalu kencang. Jangan pula melakukan gerakan seperti melempar bayi ke udara. Bermain dengan bayi khususnya pada tiga bulan pertama membutuhkan kewaspadaan ekstra.

Baca juga: Suami tak mau menggendong bayi

Selain keamanan dalam menggendong bayi baru lahir, Mama juga perlu memerhatikan posisi yang membuat bayi nyaman. Mama bisa menggendongnya di lengan Mama sebagai posisi yang nyaman bagi mayoritas bayi. Namun, Mama bisa menegakkan bayi di pundak. Cara ini dapat menjadi trik untuk membuat bayi bersendawa dan mencegah bayi tersedak setelah makan.