5 Kesalahan Saat Membiasakan Anak Tidur Sendiri

By Gisela Niken, Rabu, 2 November 2016 | 06:00 WIB
Jangan melakukan kesalahan dalam membiasakan anak tidur sendiri (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Membiasakan anak tidur sendiri merupakan fase yang penting. Tidur sendiri akan membuat anak memahami rasa mengantuknya dan juga melatih kemandirian anak sejak dingin. Namun, ada beberapa kesalahan saat membiasakan anak tidur sendiri yang perlu Mama hindari.

Baca juga: 5 cara jitu melatih anak tidur sendiri

1.Beralih ke tempat tidur terlalu cepat

Banyak orangtua yang panik bahwa anaknya masih tidur di dalam boks. Namun, Mama bisa membawa anak untuk tidur di tempat tidur sekitar usia 2 hingga 3 tahun. Tidur di dalam boks menjaga anak agar tetap aman saat tidur. Maka penting untuk memastikan anak tidur secara aman dan jangan memaksakan anak tidur sendiri di tempat tidur. Memaksakan anak untuk tidur sendiri di tempat tidur akan membuat Mama menenaminya di tempat tidur.

2.Tidak memberikan perlindungan saat tidur

Pastikan area tidur anak aman dari segala bahaya. Jauhkan benda-benda yang tidak penting di sekitar tempat tidur. Jauhkan pula tempat tidur anak dari stop kontak listrik. Gunakan pula bantal yang tidak terlalu besar yang dapat membuat kepala anak terjebak di dalamnya. Selimut yang terlalu tebal dan besar juga akan membuat anak kepanasan dan merasa tidak nyaman.

Baca juga: Kapan anak perlu tidur sendiri?

3.Tidak memperkenalkan tempat tidurnya

Sebelum melepas anak untuk tidur sendiri, sebaiknya Mama memberikan waktu pada anak untuk mengenal tempat tidurnya. Mama bisa membiasakan anak tidur pada siang hari atau bermain di area tempat tidurnya. Hal ini akan membantu anak terbiasa mengalami nyaman di tempat tidur. Jangan lakukan transisi yang terlalu cepat karena akan menimbulkan ketakutan berlebihan pada anak.

4.Tidak membuat jadwal tidur

Untuk mencegah terjadinya masalah saat membiasakan anak tidur sendiri, Mama perlu memberinya jadwal tidur yang teratur. Waktu tidur yang berantakan akan membuat anak susah tidur. Anak yang mengalami susah tidur akan membuat si kecil merasa tidak nyaman dengan waktu tidur sendiri. Usahakan membuat anak berada di tempat tidurnya lebih awal agar ia bisa tidur lebih nyenyak.

Baca juga: 5 hal yang membuat anak tidur nyenyak sepanjang malam

5.Tidak konsisten

Saat membiasakan bayi tidur sendiri, usahakan jangan membiarkan anak menyelinap ke kamar Mama. Lebih baik Mama berada di kamarnya sejenak hingga ia tidur kemudian meninggalkannya. Anak perlu lebih lama berada di dalam kamarnya lebih sering. Selain itu, jangan terbiasa untuk sering menengok ke kamarnya. Kehadiran Mama akan membuat anak tidak mengatasi rasa takutnya sendiri.