Aneka Cara Rumahan dan Alami Membersihkan Komedo

By Gisela Niken, Minggu, 6 November 2016 | 22:15 WIB
Bahan alami dapat menjadi cara menghilangkan komedo (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Komedo menjadi salah satu musuh di wajah. Hidung yang terlalu berminyak dan berkeringan dapat menyebabkan bintik hitam yang biasa disebut komedo. Munculnya komedo disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat dengan kotoran. Hal ini akan berdampak pada sel kulit yang mati. Tak perlu khawatir, kini Mama bisa mencoba aneka cara membersihkan komedo. Tidak hanya mudah, cara ini alami dan bisa dibuat sendiri di rumah.

Baca juga: Begini cara jadikan wajah sehalus bayi

1.Putih telur

Kandungan protein dan vitamin dalam telur ternyata mampu mengangkat sel-sel kulit yang mati. Ambil putih telur di dalam mangkuk. Dengan menggunakan kuas, oleskan putih telur secara merata pada hidung. Mama bisa menggunakan tisu atau handuk kertas untuk menutup bagian hidung. Setelah itu, oleskan kembali putih telur di atas tisu atau handuk kertas. Biarkan selama 30 menit dan cabut tisu atau handuk kertas.

2.Gelatin

Gelatin merupakan salah satu bahan kimia yang biasa digunakan untuk makanan. Mama bisa menggunakan bahan ini untuk membersihkan komedo. Campurkan 1 sendok makan susu hangat dengan 1 sendok gelatin. Aduk sampai kedua bahan mencampur dengan baik. Oleskan pada hidung Mama dan tunggu sampai mengering. Setelah itu cabut dari hidung dan bilas wajah dengan air biasa.

Baca juga: 3 cara bersihkan komedo, yuk praktikkan!

3.Gelatin dan putih telur

Putih telur dan gelatin juga menjadi campuran bahan alami yang bisa mengatasi komedo. Ambil 1 butir telur yang diambil putihnya saja, 1 sendok makan gelatin, dan 1 sendok makan madu. Campur semua bahan hingga mengental. Oleskan secara merata ke hidung. Tunggu sampai seluruh bagian mengering kemudian cabut. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin.

Baca juga: 6 cara alami ubah pori-pori seperti kulit jeruk

4.Lidah buaya

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai cara mengatasi komedo, Mama bisa mencampur dnegan gelatin dan yoghurt. Campukan satu sendok teh lidah buaya, satu sendok teh yoghurt dan satu sendok makan gelatin. Setelah dicampur menjadi satu, panaskan dalam oven atau microwave setalam 10 detik. Setelah dibiarkan sedikit dingin, oleskan pada bagian hidung. Biarkan mengering kemudian oleskan pada hidung.