4 Gerakan Olahraga untuk Memperkuat Otot Bayi

By Gisela Niken, Senin, 7 November 2016 | 02:45 WIB
Gerakan sederhana dapat memperkuat otot bayi (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Tidak hanya Mama, bayi juga membutuhkan olahraga sederhana yang berguna untuk petumbuhan fisiknya. Gerakan sederhana ini bertujuan untuk memperkuat otot bayi. Otot bayi yang kuat penting untuk perkembangan motoriknya seperti menahan kepala, berguling, duduk, merangkak hingga akhirnya bisa berjalan. Maka, Mama bisa mencoba beberapa gerakan olahraga sederhana berikut ini.

Baca juga: 4 inspirasi olahraga bersama bayi

1.Tengkurap

Ternyata tengkurap masuk ke dalam olahraga sederhana karena bayi membutuhkan energi dan usaha untuk melakukannya. Tengkurap dapat membantu membangun otot di bagian leher, lengan, bahu, punggung dan perut. Saat pertama kali mencoba tengkurap, lakukan 3 hingga  menit. Gunakan selimut atau alas yang tidak terlalu keras. Berikan si kecil stimulus seperti menyanyi, maninan dan tersenyum. Mungkin bayi akan rewel saat tengkurap pertama kali. Namun semakin sering Mama mencobanya semakin kuat tulang bayi.

2. Sit up

Hampir mirip dengan gerakan sit up pada umumnya, Mama juga perlu menarik bayi dari posisi berbaring ke posisi duduk. Cara ini untuk memperkuat otot di bahu, lengan dan punggung. Mama perlu menariknya dengan meletakkan tangan di belakang lengannya, bukan menarik di atas lengannya.. Menarik secara perlahan akan membuat otot perut bayi secara alami akan bekerja. Selain itu, gerakan ini dapat melatih keseimbangan. Biasanya bayi usia 3 hingga 4 bulan baru siap melakukan gerakan ini. Gerakan sit up juga membuat wajah Mama dan si kecl semakin dekat. Artinya dapat meningkatkan bonding antara Mama dan si kecil.

Baca juga: Ternyata, ini manfaat olahraga untuk bayi

 3.Bermain sepeda

Gerakan seperti bermain sepeda ternyata juga dapat mengatasi perut bayi yang penuh gas. Dengan posisi berbaring, angkat kaki bayi dan putar seperti sedang bersepeda. Cara ini dapat meningkatkan otot kaki, pinggul dan lutut. Gerakan ini juga meningkatkan fleksibilitas bayi dalam bergerak. Lakukan gerakan ini tiga hingga lima kali, istirahat dan ulangi lagi. Gerakan bersepda juga dapat meningkatkan kontak mata antara Mama dan si kecil.

4.Angkat besi

Gerakan olahraga untuk memperkuat otot bayi ini tidak seperti olahraga angkat besi pada umumnya. Mama perlu membiasakan bayi mengambil benda yang ada di depannya karena dapat meningkatkan koordinasi tangan mata dan dapat mengembangkan otot di bahu, lengan dan tangan. Mama bisa melakukannya ketika bayi berusia 3 bulan dengan posisi duduk. Gunakan mainan yang menarik perhatiannya dan minta si kecil untuk menggapainya. Gerakan mengangkat tangan sangat baik untuk otot dan tulangnya.