Daftar Makanan Alami untuk Mencegah Penuaan Dini

By Gisela Niken, Selasa, 8 November 2016 | 22:00 WIB
Lakukan 3 Kebiasaan Ini Agar Kulit Awet Muda (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Tak perlu khawatir dengan usia yang semakin bertambah. Mama bisa menjaga kulit dan penampilan tetap muda dengan berbagai cara alami. Berikut berbagai daftar makanan untuk mencegah penuaan dini. Tidak hanya dari wajah saja, penuaan dini perlu dilakukan dengan menjaga kesehatan organ penting seperti jantung dan hati. Makanan alami berikut bisa Mama coba untuk tetap memiliki kulit dan tubuh yang awet muda.

Baca juga: Awet muda berkat konsumsi 7 rempah berikut ini

1.Tomat

Ternyata, makan sayuran ini dapat menangkal kerusakan kulit dari imbas UV seperti keriput. Kandungan lycopene dalam tomat dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Tomat yang sudah dimasak juga terbukti lebih mudah diserap oleh tubuh. Maka, Mama bisa mengonsumsi tomat yang sudah matang dibanding tomat segar.

2.Kunyit

Kandungan kurkumin dalam kunyit sangat baik untuk mencegah penyakit atau hal-hal yang dapat merusak sel. Kunyit juga bisa menjaga pikiran Mama sehingga dapat menjaga Mama untuk tetap awet muda. Salah satu olahan kunyit yang terkenal ialah jamu kunyit asam. Untuk itu, Mama bisa rajin mengonsumsi jamu kunyit asam untuk menjaga sel-sel tubuh agar tetap awet muda.

Baca juga: Lakukan 3 kebiasaan ini agar kulit awet muda

3.Bawang putih

Bawang putih bisa membantuk melawan peradangan sehingga meminimalisir kerusakan yang bisa menyebabkan Mama terlihat lebih tua. Bahkan, bawang putih sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Bawang putih punya fungsi untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah sehingga wajah akan terlihat tetap berseri karena aliran darah ke daerah wajah juga lancar.

Baca juga: Mama lebih awet muda jika punya banyak anak

4.Strawberry

Buah berwarna merah ini mengandung flavonoid. Kandungan flavonoid merupakan antioksidan yang menjaga fungsi organ. Antioksidan ini juga menjaga metabolisme tubuh agar tetap lancar. Mama bisa mendapatkan manfaat flavonoid pada buah seperti apel dan pir.

5.Susu

Semakin tua usia, Mama akan banyak kehilangan kalsium dalam tubuh. Padahal, kalsium sangat penting bagi tulang dan otot. Maka, salah satu jenis makanan untuk mencegah penuaan dini adalah susu. Dengan rajin mengonsumsi susu dan aneka olahan susu, protein dan kalsium sangat tepat untuk mencegah penuaan dini.