Ternyata, Ini Manfaat Kesehatan Bagi Anak yang Punya Adik

By Gisela Niken, Kamis, 10 November 2016 | 04:30 WIB
Agar Kakak Sayang Adik Bayi (Faras)

Tabloid-Nakita.com – Kehamilan tidak hanya menjadi kabar gembira bagi Mama. Ternyata, anak sulung atau si kakak akan menjadi lebih sehat ketika Mama sedang mengandung si adik atau saat ia memunyai adik. Sebuah studi dari University of Michigan mengungkapkan manfaat anak punya adik. Hasilnya menunjukkan bahwa saat seorang anak menjadi seorang kakak, anak akan memiliki risiko yang lebih rendah mengalami obesitas.

Baca juga: Lakukan ini untuk si kecil yang akan punya adik

Dalam penelitian ini sebanyak 697 anak diteliti. Hasilnya anak yang tidak memmiliki kakak atau adik berpeluang tiga kali lebih mungkin mengalami obesitas. Di sisi lain, anak yang memiliki adik pada usia 2 hingga 4 tahun memiliki bobot tubuh yang sehat dan ideal.“Studi ini ingin melihat bagaimana pengaruh berat badan anak setelah menjadi kakak atau setelah munculnya seorang adik,” ujar Julie Lumeng, MD salah seorang peneliti yang merupakan dokter di Mott Hospital.

Baca juga: Alasan si kecil perlu diberi adik

Lalu apa hubungannya berat badan anak dengan kehadiran adik? Para peneliti sebenarnya tidak melihat teori tentang ini. Namun, para peneliti melihat ada hubungan antara cara orangtua mengasuh anak setelah ada seorang anak baru lahir. Pola makan sehat yang diberikan kepada bayi turut berpengaruh pada pola makan yang diberikan kepada anak yang lain. Anak-anak biasanya sudah memiliki pola makan tertentu pada usia tiga tahun. Sehingga di masa pembentukan pola makan, orangtua mengubahnya menjadi lebih baik.

Baca juga: Jika kakak dan adik berbagi kamar

Selain itu, para peneliti juga melihat bahwa anak yang memiliki adik cenderung lebih memiliki banyak aktivitas fisik. Bermain dan berlarian bersama menjadi kegiatan yang dapat membuat berat badan anak menjadi ideal. Para peneliti juga perlu melakukan penelitian lebih lanjut mengenai saudara kandung yang dapat memengaruhi perubahan seperti perilaku makan dan aktivitas fisik.

Setelah melihat berbagai manfaat anak punya adik, Mama mungkin bisa mempertimbangkan atau merencanakan kehamilan. Adik juga membantu si kecil bersosialisasi dan menyelesaikan masalah. Seorang anak juga menjadi punya tanggung jawab ketika punya adik. Jadi, ini adalah salah satu alasan mengapa Mama perlu menambah anak terutama ketika si sulung sudah menginjak usia 3 hingga 4 tahun.