Pola Asuh Tepat untuk Menghadapi Anak Pemalu

By Gisela Niken, Senin, 14 November 2016 | 21:45 WIB
Pola asuh tepat dapat menghadapi anak pemalu (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Anak dikenal pemalu saat bertemu orang baru? Anak jadi susah bersosialisasi dengan kawan sebayanya? Tak perlu merasa marah atau kecewa padanya. Anak di usia 3 hingga 5 tahun memang belum memiliki kemampuan sosial yang baik sehingga wajar bagi beberapa anak untuk mendapatkan teman. Jadi, Mama perlu mendorong si kecil untuk membantunya lebih berani. Berikut pola asuh yang tepat untuk menghadapi anak pemalu

1.Hindari menganggapnya pemalu

Saat anak malu untuk bertemu dengan orang, Mama sebaiknya tidak memberikan label pemalu padanya. Misalnya saat bertemu orang baru ia tidak mau berkenalan, jangan menyepelekan rasa malunya dengan menganggap bahwa “dia memang anak pemalu”. Dengan menganggap atau memberinya label pemalu, anak akan menjadikan sifat pemalu untuk menghindari situasi.

Baca juga: Anak pemalu bukan cuman karena kepribadiannya

2.Menunjukkan rasa setuju dengan sifat pemalunya

Jika ingin mengubah sifatnya yang malu, Mama perlu secara jelas menyatakan bahwa sifat pemalu sebaiknya tidak ia miliki. Jangan memuji anak dengan sifat pemalunya. Namun, Mama juga tak perlu memaksanya untuk menjawab pertanyaan atau berkenalan dengan kasar. Mama bisa membantunya misalnya saat ada yang bertanya “Umur berapa?” Mama bisa membantunya dengan “Umur empat tahun tante, benarkan?”. Cara ini akan membuat anak belajar cara untuk menjawab pertanyaan dari oang lain.

Klik halaman selanjutnya di sini